Info Harian Laduni: 29 Desember 2023

 
Info Harian Laduni: 29 Desember 2023

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Jum’at, 29 Desember 2023 bertepatan dengan Hari Wafat KH. Abdul Wahab Chasbullah dan KH. Muntaha Al-Hafizh.

KH. Abdul Wahab Chasbullah
KH. Abdul Wahab Chasbullah merupakan salah satu ulama besar pelopor pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yang sangat berjasa di negara ini. Beliau merupakan orator ulung, ahli politik, pejuang dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia

KH. Abdul Wahab Chasbullah atau yang biasa dipanggil dengan Mbah Wahab lahir di Jombang, 31 Maret 1888 M dan wafat di Jombang pada usia 83 tahun atau tepatnya pada 29 Desember 1971 M. Beliau merupakan putra pasangan KH. Hasbullah Said, Pengasuh Pesantren Tambakberas Jombang Jawa Timur, dengan Nyai Latifah.

Masa pendidikan KH. Abdul Wahab Chasbullah dari kecil hingga besar banyak dihabiskan di pondok pesantren. Selama kurang lebih 20 tahun, beliau secara intensif menggali pengetahuan keagamaan dari beberapa pesantren. Karena tumbuh dilingkungan pondok pesantren, mulai sejak dini beliau diajarkan ilmu agama dan moral pada tingkat dasar.

Termasuk dalam hal ini tentu diajarkan seni Islam seperti kaligrafi, hadrah, barjanji, diba’, dan shalawat. Kemudian tidak lupa diajarkan tradisi yang menghormati leluhur dan keilmuan para leluhur, yaitu dengan berziarah ke makam-makam leluhur dan melakukan tawasul.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN