Pentingnya Menjaga Lisan dan Penampilan

 
Pentingnya Menjaga Lisan dan Penampilan
Sumber Gambar: Kamis Kliwon, 04 Mei 2023. Laduni.id

LADUNI.ID, Jakarta - Bagi yang menekuni filsafat Jawa tentu akrab dengan falsafah: “Ajining Diri Saka Lathi, Ajining Saliro Saka Busana”, Sebuah filsafat moral yang penting, yang selama ini menjadi pegangan para bijak bestari juga para pemimpin.

Ajining diri saka lathi, bermakna Kehormatan diri (akhlak) seseorang bisa diketahui dari cara ia berkomunikasi serta cara ia bersikap dan berprilaku.  Orang yang berakhlaq mulia (berilmu), dalam berkomunikasi ia akan menggunakan bahasa yang santun dan tidak menyinggung perasaan orang lain. Sedangkan orang yang berakhlaq rendah biasanya bicaranya kasar, suka bergunjing, dan menyakiti perasaan orang lain.
Ajining saliro saka busana, mengandung arti Kehormatan fisikal (sosial) seseorang bisa dilihat dari cara ia berpakaian. Semakin tinggi kelas sosial seseorang biasanya ia berpakaian yang lebih baik.

Pakaian seseorang bukan dinilai dari mewah tidaknya, atau mahal murahnya, tetapi dari kebersihan, kerapihan, kesopanan, dan kepantasan. Apabila seseorang mengenakan pakaian yang mewah dengan harga mahal, tetapi apabila tidak baik dipandang dari etika kesopanan, maka disitulah orang akan mengaitkan dengan nilai etika moral.

Antara lisan (ucapan) dan penampilan raga atau saliro yang ditunjukan dengan pakaian (busana) menjadi dua hal yang sangat penting, saling melengkapi. Walau dengan kemajuan zaman seperti sekarang ini, urusan pakaian perlu kita terjemahkan ulang sesuai dengan konteksnya, dari sisi kepantasannya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN