Pesantren Nurul Iman Muaro Jambi

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Nurul Iman Muaro Jambi

Profil

Pondok Pesantren Nurul Iman merupakan pondok pesantren kombinasi dan perpaduan antara pondok pesantren salafiyah (lama, dahulu, atau tradisional) dan pondok pesantren khalafiyah (belakangan, baru, modern). Disebut salafiyah karena pondok pesantren Nurul Iman menyelenggarakan pelajaran dengan pendekatan tradisional. Pelajaran ilmu–ilmu agama Islam dilakukan secara individual (sorogan) dan secara kelompok (bandongan/ klasikal) yang mengkhususkan kitab–kitab klasik berbahasa arab (kitab kuning).

Sikap salaf pun mewarnai santri pondok pesantren Nurul Iman yang menjadi landasan pendidikan didalamnya dengan lebih mengutamakan akhlak para salafus salih, pendidikan yang lebih mengutamakan akhlak salih para ulama terdahulu di era keNabian.
 
Adapun pondok pesantren Nurul Iman disebut pondok pesantren khalafiyah (as’ariyah) karena pondok pesantren Nurul Iman menyelenggarakan kegiatan pendidikan dengan pendekatan modern melalui suatu pendidikan formal yakni SMP-SMA-SMK Islam Al-Arief. Pondok pesantren Nurul Iman sebagai pondok pesantren khalafiyah, pembelajaran dilakukan secara berjenjang dan berkesinambungan dengan suatu program pembelajaran dan kegiatan yang disusun pada satuan waktu yakni semester. Kurikulum pun telah disusun secara baku dan diperbaiki setiap tahunnya sesuai dengan kebijakan pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan. Dalam hal ini pondok pesantren berfungsi sebagai asrama yang memberikan lingkungan kondusif untuk pendidikan agama, pembentukan karakter, dan pembiasaan perilaku yang baik.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.