Konsultasi Psikologi: Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

 
Konsultasi Psikologi: Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Assalamu'alaikum wr wb

Mohon maaf, Pak.. Mau minta tips supaya nggak krisis kepercayaaan diri gimana ya? Dulu jaman saya kuliah trus aktif berorganisasi, kemudian lulus dan jadi aktivis perempuan, saya ini pede sekali misalnya bicara di depan publik, jadi pembicara, nulis di mana-mana karena merasa 'pintar' dan, 'punya ilmu'.

Baca juga: Bagaimana cara meningkatkan self discipline?

Sekarang, setelah kembali ke rumah, ke pesantren suami, saya cukup lama menyepi dari hingar bingar. Trus kalau hadir di forum-forum, ngerasa ngga pede bicara karena ngerasa 'ternyata saya ini bodoh ya, ilmunya ngga seberapa' atau 'duh kalau saya ngomong ini kok kesannya lebay, orang banyak yang lebih tau dibanding saya' dan saya jadi ngerasa kurang berkembang. Mohon sarannya Pak.. Terima kasih..

Wassalamu’alaikum wr wb

Jawaban:

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih sudah berbagi kisah di sini Mba. Tentang apa yang Anda rasakan, apakah benar-benar Anda alami atau hanya perasaan Anda saja? Coba tanyalah teman-teman Anda untuk memberi penilaian apakah Anda termasuk orang yang percaya diri atau tidak. Jangan-jangan menurut teman Anda justru Anda percaya diri dan itu hanya perasaan Anda saja. Cobalah di beberapa forum online bisa di WA grup, line, facebook dsb, Anda aktif berkomentar terhadap postingan yang ada.  

Baca juga: Orang tua sering bertengkar, apa yang harus saya lakukan?

Setelah beberapa saat, mintalah beberapa teman Anda untuk menilai tentang pendapat Anda apakah terkesan bodoh, konyol atau justru sebaliknya. Dan mintalah pendapat mereka tentang kesan terhadap diri Anda. Apakah Anda termasuk orang yang percaya diri atau tidak.  Jawaban mereka akan menentukan langkah selanjutnya. Jika teman Anda beranggapan bahwa Anda termasuk percaya diri dan jawaban Anda juga logis, maka Anda hanya perlu untuk meyakinkan diri bahwa itu hanya perasaan Anda yang muncul dan harud dilawan.  Jika ternyata jawabannya sebaliknya, menganggap Anda tidak percaya diri dan sebagainya, Anda perlu melawannya dengan banyak berlatih.

Mulailah untuk berani mengekspresikan diri Anda secara Online, misalnya bikin status di medsos, atau posting sesuatu atau mencoba untuk berkomentar di medsos. Latihlah terus menerus hingga Anda merasa cukup percaya diri. Setelah itu Anda bisa mulai lagi untuk mencoba aktif di forum-forum yang sebenarnya. Mulailah dengan menjadi peserta.

Baca juga: Bagaimana cara menghadapi anak yang Ngambek tidak mau pergi ke Sekolah?

Bertanyalah kepada setiap narasumbernya. Tidak perlu takut dengan kualitas pertanyaan Anda. Lama-lama nanti Anda akan mengingat kembali masa-masa di mana Anda aktif dulu. Dan jika itu diteruskan, lama-lama percaya diri Anda kembali meningkat. Hubungi kembali teman-teman Anda yang dulu untuk berlatih diskusi apa saja. Diskusi dengan teman sendiri akan membuat Anda lebih nyaman dan percaya diri. Lakukan itu terus menerus. Mudah-mudahan Anda kembali menemukan rasa percaya diri Anda Mba.. Sukses selalu ya.. Terima kasih sudah berbagi dengan kami..

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam hormat

Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M.PSi