Kamala, Perempuan Kulit Hitam Pertama yang Maju Pilpres AS 2020

 
Kamala, Perempuan Kulit Hitam Pertama yang Maju Pilpres AS 2020

 

LADUNI.ID,INTERNASIONAL - Senator AS Kamala Harris, Demokrat dari California sekaligus perempuan Afro-Amerika kedua yang menjabat Senat AS, mengumumkan pencalonan untuk pilpres 2020.

Kamala adalah perempuan Afro-Amerika yang akan maju pilpres 2020. Pencalonan Kamala tampaknya syarat simbolis karena bertepatan dengan hari libur mengenang ulang tahun Martin Luther King pada 21 Januari.

Pengumumannya juga dimaksudkan untuk mengenang kembali Shirley Chisholm, anggota kongres New York yang menjadi perempuan pertama dari Partai Demokrat untuk mencalonkan diri sebagai presiden 47 tahun yang lalu pada minggu ini.

Dilaporkan dari New York Times, 22 Januari 2019, Kamala akan menggelar kampanye pertamnya pada hari Jumat di South Carolina, di mana pemilih kulit hitam sangat dominan untuk pemilihan awal Demokrat.

"Inti dari kampanye saya adalah rakyat," kata Ms Harris pada konferensi pers sore di Howard University, perguruan tinggi kulit hitam bersejarah sekaligus almamaternya pada 1980-an. "Tidak ada yang menjalani hidup mereka melalui kacamata untuk satu masalah. Dan saya pikir apa yang orang inginkan adalah kepemimpinan yang melihat mereka melalui kesulitan hidup mereka dan memberikan perhatian yang sama terhadap kebutuhan mereka."

Tak lama setelah Kamala mengumumkan pencalonannya pada Senin, Michael Ahrens, juru bicara Komite Nasional Partai Republik, mengatakan dirinya adalah Demokrat yang paling meragukan, yang mencalonkan diri sebagai presiden dan tidak memenuhi syarat, menurut laporan CNN.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN