Lahirkan Lulusan Produktif, PGSD Unusida Gelar Pelatihan Jurnalistik

 
Lahirkan Lulusan Produktif, PGSD Unusida Gelar Pelatihan Jurnalistik

LADUNI.ID, Sidoarjo – Dalam rangka melahirkan lulusan yang cakap dan produktif menulis, program studi (Prodi) Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida), Jawa Timur menggelar pelatihan jurnalistik.

Pelatihan ini bertempat di aula Balai Diklat Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Sidoarjo, Rabu (23/1), kegiatan tersebut diikut sekitar 70 mahasiswa. Mereka yakni mahasiswa PGSD dari berbagai angkatan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Prodi PGSD Arie Widya Murni mengatakan bahwa pihaknya ingin para lulusan yang memiliki keterampilan tambahan berupa penulisan. "Oleh karenanya materi jurnalistik dirasa paling cocok untuk diberikan kepada mereka," terangnya.

Arie juga menuturkan bahwa, jurnalistik merupakan salah satu media yang bisa mendorong dan melatih mereka membuat karya tulis original. Selain itu mereka dapat membiasakan diri membuat karya tulis yang menuntut deadline, sehingga akan disiplin dalam mengerjakan tugas.

"Jangan sampai mahasiswa hanya pandai bicara minim menulis," pungkas Arie.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Himpunan Mahasiswa PGSD Novelia Widya Prastikaningrum, melalui penugasan jurnalistik bisa menyentuh masyarakat secara langsung. "Dan masyarakat mengetahui bahwa di Unusida memiliki program jurnalistik mahasiswa," terangnya.

Setelah pelatihan usai, kata Novelia, para peserta diwajibkan membuat karya tulis berita. Selain itu, pihak PGSD juga akan membuat buletin kampus yang rencananya terbit setiap bulan.

Wartawan dari salah satu majalah di Sidoarjo, Akhmad Anis Fahmi dihadirkan untuk memberi materi dalam pelatihan tersebut. Kali ini, Fahmi sapaan akrabnya menyampaikan materi seputar pembuatan berita, opini dan fotografi. (Sumber: NU Online)