Biografi KH. Abdul Kabir, Pendiri Pesantren Nurul El Falah Kab. Serang

 
Biografi KH. Abdul Kabir, Pendiri Pesantren Nurul El Falah Kab. Serang

Daftar Isi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Wafat
1.3  Riwayat Keluarga

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1  Mengembara Menuntut Ilmu
2.2  Guru-Guru Beliau
2.3  Mendirikan Pondok Pesantren

3.    Penerus Beliau
3.1  Anak-anak Beliau

4.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.1  Karier Beliau

5.    Referensi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga 

1.1 Lahir
KH. Abdul Kabir lahir di Kampung Kadu Genep Desa Kadu Genep, Petir Kawedanan Pamarayan dari ibu Hj. Kanah binti Jarman dan ayah H. Marjuk bin H. Madi pada tahun 1916 M. Waktu beliau dilahirkan beliau diberi nama oleh orangtuanya adalah Jaya Sunawiri.

1.2 Wafat
KH. Abdul Kabir berpulang pada Rahmatullahi pada Jum’at 22 Agustus 1975, jenazah beliau dikebumikan di samping rumahnya di area pesantren Nurul Falah.

1.3 Riwayat Keluarga
KH. Abdul Kabir menikah dengan Hj. Syukraeni dan dikaruniai putera -puteri di antaranya:

  1. Hj. Robiatul Adawiyah
  2. Hj. Bahirah, B.A.
  3. Sodru Syahid (alm)
  4. KH. Ito Athoillah, S.Pd.I.
  5. KH. Idy Faridi Hakim, L.M.L., S.H. (alm)
  6. Tuti Siti Ratnuti, S.Pd.I.
  7. Drs. A.M. Dasturi
  8. KH. Ubaidillah Kabier, S.E.
  9. Dail Ma’ruf (alm)
  10. Dra. Ida Mudzakirotul Ummah, M.Pd.
  11. Ir. Dail Umamil Asri, M.Eg.
  12. Shofa Raunda Shofro, S.H, S.Pn.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

Dari Banten KH. Abdul Kabir pergi mesantren di Gentur, pindah lagi ke Plered Purwakarta hingga belajar di bawah asuhan KH. Jamil Buntet Cirebon. Sehingga dalam kurun beberapa tahun sebelum berangkat ke Tebuireng Jombang Jawa Timur, santri bernama Jaya Sunawiri (KH. Abdul Kabir) ini ngaji ke 40 kyai pengasuh pesantren dari Banten hingga Cirebon.

Tahun 1939 Jaya Sunawiri (KH. Abdul Kabir) berangkat ke pesantren Tebu Ireng atas restu ibunya untuk ngaji kepada Hadrotusyaikh KH. Hasyim Asy’ari (saat itu KH. Hasyim Asy’ari sudah masyhur). Ibunya Jaya Sunawiri (KH. Abdul Kabir)menginginkan agar anaknya kelak menjadi orang yang berillmu berguna untuk bangsa dan negaranya. Jaya Sunawiri (KH. Abdul Kabir) diterima baik oleh Hadrotusyaikh untuk menjadi santrinya. Hingga sampai 4 tahun lamanya menuntut ilmu-ilmu agama kepada Hadrotusyaikh. Dua belas Fan ilmu agama mampu dikuasi oleh Jaya Sunawiri (KH. Abdul Kabir)berdasarkan ketekunan dan keuletannya dalam menimba ilmu.

Melihat potensi besar di diri Jaya Sunawiri (KH. Abdul Kabir), akhirnya Hadrotusyaikh KH. Hasyim Asyari merubah nama Jaya Sunawiri menjadi Abdul Kabir dengan harapan agar santrinya ini menjadi ulama besar atau tokoh besar yang di hormati oleh masyarakat Banten, serta dengan maksud agar Jaya Sunawiri atau Abdul Kabir mampu membesarkan NU di Karesidenan Banten.

2.2 Guru-Guru beliau saat menuntut ilmu di antaranya:

  1. H. Marjuk
  2. Kyai Ghozali Cigodeg
  3. Kyai Idris
  4. KH. Abbas Djamil Buntet
  5. Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari

2.3 Mendirikan Pondok Pesantren
Setelah pulang dari pesantren Tebuireng pada tahun 1943 dan masih sebagai komandan Hizbullah, Kyai Abdul Kabir mendirikan pondok pesantren yang beliau namai Nurul El Falah (cahaya kebahagiaan) di Kubang Petir.

Sejak dekrit presiden 5 Juli 1959, KH. Abdul Kabir mulai fokus untuk hidmat di pesantren, setelah menjadi Wedana di Pamarayan, Wedana di Ciomas dan anggota konstituante Republik Indonesia wakil dari partai NU setelah gelaran Pemilu pertama 1955.

Sebagai pengasuh Pesantren, KH. Abdul Kabir diminta negara untuk menjadi pejabat di direktorat di Departemen Agama RI, hingga berakhir di tahun 1967. Setelah tidak bertugas di Departemen Agama, KH. Abdul Kabir, bersama KH. Syanwani Sampang Tirtayasa, dan KH. Amin (ayahnya KH. Maruf Amin, Wapres RI 2019-2024), dan KH. Tb. Ma’ani Rusdi terlibat aktif secara massif dan militan menggerakkan NU di seluruh wilayah karesidenan Banten hingga Banten sampai hari ini masih kuat mempertahankan aqidah Ahli Sunnah wal Jama’ah.

3. Penerus Beliau

3.1 Anak-anak Beliau

  1. Hj. Robiatul Adawiyah
  2. Hj. Bahirah, B.A.
  3. Sodru Syahid (alm)
  4. KH. Ito Athoillah, S.Pd.I.
  5. KH. Idy Faridi Hakim, L.M.L., S.H. (alm)
  6. Tuti Siti Ratnuti, S.Pd.I.
  7. Drs. A.M. Dasturi
  8. KH. Ubaidillah Kabier, S.E.
  9. Dail Ma’ruf (alm)
  10. Dra. Ida Mudzakirotul Ummah, M.Pd.
  11. Ir. Dail Umamil Asri, M.Eg.
  12. Shofa Raunda Shofro, S.H, S.Pn.

4. Perjalanan Hidup dan Dakwah

Tiap hari sehabis sholat Subuh, KH. Abdul Kabir membuka pengajian dengan mengajar kitab fathul mu’in dari pkl 05:30 WIB sampai pukul 07:00 WIB. Pada pukul 08:00 hingga pukul 13:30 beliau ngajar ilmu tafsir dengan pegangan kitab jalalain dan ilmu nahwu dengan kitabnya muhatul I’rab. Selepas mengajar beliau istirahat dirumah sambil sesekali meneerima tamu tamu baik dari masyarakat kampung terdekat maupun dari wilayah yang jauh terutama sekali sering didatangi tamu tamu dari tokoh politik, negarawan dan aktivis organisasi NU.

Setelah sholat isya berjama’ah KH. Abdul Kabir mengajar santri dengan beberapa kitab tafsir dan hadist antara lain Tafsir Khozin, Tafsir Baedawi, Tafsir Munir hingga larut malam, kemudian pukul 22:00 beliau istirahat hingga bangun pukul 03:00 untuk melaksanakan qiyamul lail dilanjutkan dengan berdzikir hingga menjelang subuh.Khusus di hari jum’at KH. Abdull Kabir mengisi pengajian untuk masyarakat umum setelah sholat jum’at. Kitab yang dibaca adalah Shohih Bukhori ini rutin dibaca setiap ba’da Jum’at hingga wafatnya.

4.1 Karier
Pengasuh pesantren Nurul Falah

5. Referensi

https://rminubanten.or.id

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya