Info Harian Laduni.ID: 25 Januari 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 25 Januari 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Kamis, 25 Januari 2024 bertepatan dengan hari lahir KH. Hasyim Arsyad, KH. R. Ahmad Azaim Ibrahimy dan hari wafat KH. Abdullah Mubarok, Habib Husein bin Hadi Al-Hamid.

KH. Hasyim Arsyad
KH. Hasyim Arsyad lahir pada hari Senin pagi tanggal 25 Januari 1935 M. bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan 1350 H. di Toli-Toli, Sulawesi Tengah dan KH. Hasyim Arsyad meninggal di rumah pada hari Jum’at, 2 September 2011 dan dimakamkan di pemakaman Islam Kota Manado.

Pada tahun 1964, Kyai Hasyim meninggalkan Kota Palu atas tugas yang diberikan oleh Guru Tua untuk membuka Madrasah Ibtidaiyyah Alkhaerat di Tondano, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. Walaupun tugas tersebut dianggap berat, karena harus meninggalkan pekerjaannya sebagai PNS yang diangkat pada tahun 1963 di Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah dan pekerjan tambahan sebagai tukang jahit.

Sebagai alumni Pesantren Alkhaerat, KH. Hasyim Arsyad selain memberikan pemahaman keagamaan melalui lembaga pendidikan formal, juga melalui lembaga informal, seperti khutbah dan ceramah agama di masjid, majelis taklim, dan ceramah dalam peringatan hari-hari besar Islam.

Simak biografi selengkapnya di:

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN