Info Harian Laduni.ID: 2 Februari 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 2 Februari 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Jum’at, 2 Februari 2024 bertepatan dengan hari lahir KH. Muhammad Djunaidi, KH. M. Muhibbi Hamzawie, KH. Abdul Syakur Yasin, M.A dan hari wafat KH. R. Abdul Qadir Munawwir, KH. Badrus Salam, KH. As'ad Humam, KH. Salahuddin Wahid (Gus Sholah).

KH. Muhammad Djunaidi
KH. Muhammad Djunaidi lahir pada tanggal 2 Februari 1906 di Kwitang, Jakarta. Beliau merupakan putra dari pasangan KH. Abdul Azis (Kwitang) bin Sainan dengan Nyai Hj. Hasnah binti H. Dahlan bin H. Alwi. Dan KH. Djunaidi wafat pada 28 Oktober 1958 M, dan dimakamkan di Pemakaman Umum Karet, Tanah Abang, Jakarta.

Kyai Djunaidi kecil tumbuh dalam lingkungan yang religius, yakni di daerah Kwitang Jakarta, di mana terdapat banyak ulama besar saat itu antara lain: Habib Ali bin Abdurrahman bin Abdullah Al-Habsyi (Habib Ali Kwitang).

Pada saat Belanda melancarkan agresi militer dan beraneka macam perjanjian yang mengiringinya, mengakibatkan Kyai Djunaidi bersama keluarganya, keluar dari Jakarta untuk pindah ke Solo. Di Solo, Kyai Djunaidi tinggal di daerah Kauman, tidak jauh dari kompleks Masjid Agung Surakarta.

Pada saat pindah lagi ke Jakarta, Kyai Djunaidi juga bergabung bersama pengurus NU Konsul Jakarta, yang dipimpin oleh KH. Zainul Arifin. Seperti yang dikisahkan 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN