Austronesia: Leluhur Bangsa Indonesia

 
Austronesia: Leluhur Bangsa Indonesia
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

 

Laduni.ID, Jakarta - Berikut artikel sekilas seputar bangsa Austronesia. Mulai dari pesebarannya hingga peninggalannya.

Bagian I: Pengertian dan Pesebaran Austronesia

Bahasa Melayu memiliki asal dari Austronesia. Austonesia merupakan sebutan untuk penutur bahasa bagi 400 juta manusia, dan penyebaran bahasa ini terbentang dari Madagaskar hingga pulau Paskah di ujung timur, juga pulau Formosa dari selatan hingga pulau Aotearoa di Selandia Baru.

Istilah Austronesia pertama kali diperkenalkan pada tahun 1899 oleh Wilhelm Schmidt (ahli linguistic) dari Jerman. Istilah ini muncul ketika Schmidt melakukan penelitian untuk memahami perbandingan bahasa sebagai usaha untuk mengungkap budaya di Asia Timur. Ia menemukan bahwa penyebutan induk bahasa yang ia teliti kala itu yaitu ‘Malayo-Polinesia’ yang merujuk pada satu etnis. Oleh sebab itu, Schmidt kemudian merubah istilah itu ke Austronesia. Austronesia sendiri bermakna pulau selatan di mana Schmidt meneliti. Menurutnya istilah Austronesia juga tidak menyisihkan bahasa-bahasa yang lain dalam rumpun-rumpun bahasa tersebut.

Dalam buku James J.Fox, The Poetic Power of Place, menyatakan bahwa ada lima rumpun besar yang menuturkan bahasa Austronesia:

  1. West Malaya-Polinesia,
  2. Centra Malayo-Polinesia,
  3. Eastern Malayo-Polinesia,

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN