Pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an, Randudongkal, Pemalang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an, Randudongkal, Pemalang
Sumber Gambar: PPATQ Hidayatul Qur'an Randudongkal, Ilustrasi Laduni.ID

Profil
Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an didirikan dan diasuh oleh KH. Muhammad Fatkhul Munir dan Ibu Nyai Uswatun Khasanah, yang beralamat di Dukuh Jayim, Randudongkal, Pemalang.

Sejarah
Awal mula berdirinya pondok pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an ini pada tahun 2006, dan tidak serta merta atas keinginan dari pengasuh yaitu KH. Muhammad Fatkhul Munir dan Ibu Nyai Uswatun Khasanah melainkan dari dorongan guru-guru beliau selama di pondok dan juga dorongan dari masyarakat setempat.

Awal mula berdirinya pondok pesantren yaitu belum menjadi pondok melainkan TPQ dimana beliau KH. Muhammad Fatkhul Munir sebelumnya sudah mengajar mengajar anak-anak mengaji namun masih dihalaman masjid yang berada didekat pondok pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an dan tidak di pungut biaya sedikit pun, namun banyak usulan dari masyarakat untuk memberikan biaya tersebut. Dan setelah mendapatkan pemasukan dari masyarakat beliau memutuskan untuk mendirikan Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an ini.

Sebelum mendirikan pondok pesantren beliau sempat meminta izin ke beberapa kyai-kyai sepuh di desa Randudongkal terutama di Dukuh Jayim untuk meminta restu dan pendapat, dengan awal mula ada tanah wakaf amal jariyah dari Ibu Hj. Atun dari Pemalang.

Dan pondok pesantren ini bernama Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an ini Tabbarukan atau mengambil nama dari pondok nya KH. Muhammad Fatkhul Munir dan Ibu Nyai Hj. Uswatun Khasanah. Dan di pondok pesantren ini mempunyai guru spiritual Syekh Anwar Zuhri Rosyid dari Ketileng Semarang dan beliau juga merupakan salah satu yang melakukan peletakan batu pertama di pondok pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.