Peran Nabi Muhammad SAW dalam Pembangunan Kakbah

 
Peran Nabi Muhammad SAW dalam Pembangunan Kakbah
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Kakbah adalah bangunan pertama yang didirikan atas nama Allah dan untuk menyembah Allah serta mengesakan-Nya. Orang yang pertama membangunnya adalah bapak para nabi, yakni Ibrahim AS, setelah sebelumnya dia berhasil meruntuhkan berhala-berhala dan menghancurkan kuil-kuil yang didirikan di sana.

Ibrahim AS membangun Kakbah dengan mengikuti perintah Allah SWT, sebagaimana dikisahkan dalam Al-Quran berikut ini:

وَاِذْ يَرْفَعُ اِبْرٰهٖمُ الْقَوَاعِدَ مِنَ الْبَيْتِ وَاِسْمٰعِيْلُۗ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا ۗ اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa), "Ya Tuhan kami, terimalah dari kami (amal kami). Sungguh Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 127)

Setelah itu, Kakbah ditimpa beberapa kali bencana yang merusak bangunannya dan merapuhkan dinding-dindingnya. Salah satunya adalah banjir bandang yang melanda Makkah beberapa tahun menjelang Nabi SAW diutus. Banjir bandang itu merobohkan sebagian dinding Kakbah.

Lalu kaum Quraisy tidak punya pilihan selain merehab kembali bangunan Kakbah untuk melestarikan kesucian bangunan tersebut. Penghormatan dan pengagungan terhadap Kakbah ini merupakan salah satu syariat Nabi Ibrahim AS yang masih dipelihara oleh bangsa Arab.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN