Nama-Nama Istimewa Malam Nishfu Sya’ban

 
Nama-Nama Istimewa Malam Nishfu Sya’ban
Sumber Gambar: istockphoto, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Selain dikenal sebagai bulan yang istimewa, Sya’ban juga memiliki malam yang juga sangat istimewa, yakni Malam Nishfu Sya’ban. Pada malam ini, Allah SWT memberikan banyak anugerah kepada umat Nabi Muhammad SAW yang tidak pernah diberikan kepada umat para nabi sebelumnya.

Malam Nishfu Sya’ban adalah momentum diampuninya dosa-dosa, diterimanya doa-doa dan dianugerahkannya pemberian lainnya. Tentunya, itu semua diperuntukkan bagi mereka yang melakukan amal kebaikan, sebab malam tersebut adalah malam dilaporkannya segala amal umat manusia.

Keistimewaan Malam Nishfu Sya’ban dengan berbagai keberkahannya itu, kemudian menjadikannya disebut dengan banyak nama, yang mana masing-masing dari nama-nama itu memiliki keagungan dan kemuliaan tersendiri yang bisa diraih oleh umat Islam.

Dalam Kitab Risalatul Kasyfi wal Bayan ‘an Fadhail Lailatin Nishfi min Sya’ban, Al-Hafidz Al-Muhaddis Syaikh Salim As-Sanhuri Al-Maliki, menjelaskan tentang nama-nama istimewa dari Malam Nishfu Sya’ban. Nama-nama tersebut menggambarkan tentang keistimewaan sesuai dengan artinya.

Berikut nama-nama lain dari Malam Nishfu Sya’ban:

1. Malam yang diberkahi (Al-Mubarakah)

Pada malam pertengahan bulan Sya’ban (Nishfu Sya’ban), Allah memerintahkan para malaikat untuk turun ke langit dunia dan menebar kebaikan kepada manusia. Pada malam itu, diriwayatkan bahwa jarak antara manusia dengan para malaikat sangat dekat dan karena kedekatan itu, maka dianugerahkanlah keberkahan tersendiri yang hanya diberikan kepada umat Nabi Muhammad SAW.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN