Info Harian Laduni.ID: 28 Februari 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 28 Februari 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Rabu, 28 Februari 2024 bertepatan dengan hari lahir Nyai Asmah Sjachrunie dan hari wafat KH. M. Badruddin Anwar, KH. Abdul Qodir Rozy.

Nyai Asmah Sjachrunie
Nyai Asmah Sjachrunie lahir pada 28 Februari 1928, di Rantau, Kalimantan Selatan. Dan Nyai Asmah wafat pada tanggal 2 Juni 2014.

Nyai Asmah aktif di Muslimat NU sejak 1952. beliau kemudian diberi kepercayaan untuk memimpin Muslimat NU di Kalimantan Selatan dan mendapat hak untuk membentuk beberapa cabang. beliau pun memilih untuk fokus berjuang melalui Muslimat NU.

Pada 1954, Muktamar NU sekaligus kongres Muslimat NU digelar di Surabaya. Dari situ beliau mulai dikenal banyak kalangan, bukan hanya dari kalangan wilayahnya sendiri di Kalimantan, tapi juga di luar Kalimantan seperti Jawa dan lain-lain.

Nyai Asmah pun menjadi perbincangan publik karena saat itu sangat jarang perempuan bisa tampil di panggung politik. Pada 1956, Nyai Asmah resmi menjadi anggota DPR sehingga berpindah tempat tinggal ke Jakarta.

Selain berkecimpung di dunia pendidikan, Asmah juga aktif dalam dunia militer. Di era Jepang, beliau ikut dalam barisan Fujinkai (para militer perempuan). Sedangkan di era kemerdekaan, tepatnya tahun 1948-1949, beliau juga tercatat sebagai anggota Angkatan Laut Republik Indonesia. Meski saat itu, ALRI belum menjadi kesatuan yang resmi.  

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN