Anjuran dan Keberkahan Sahur di Bulan Ramadhan

 
Anjuran dan Keberkahan Sahur di Bulan Ramadhan
Sumber Gambar: Shutterstock, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Allah SWT mewajibkan umat Islam untuk melaksanakan Ibadah puasa di bulan Ramadhan. Mungkin, berpuasa merupakan ibadah yang tidak mudah dilakukan oleh orang yang tidak terbiasa menahan lapar. Sehingga, tidak jarang orang tersebut meninggalkan ibadah puasa. Padahal, puasa merupakan salah satu Rukun Islam. Karenanya, tidak sempurna islamnya seseorang yang tidak melaksanakan perintah ibadah puasa di bulan Ramadhan itu.

Jika dilihat secara seksama, meskipun umat Islam diwajibkan berpuasa yang bagi sebagian orang dirasa berat itu, tetapi banyak hal yang sebenarnya membantu seseorang agar bisa melaksanakannya dengan baik. Salah satunya adalah dengan melakukan sahur. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari bersahur tersebut. Dengan sahur, seseorang akan lebih ringan untuk berpuasa di pagi hari, mulai terbitnya fajar sampai maghrib di sore hari. Tapi yang paling utama adalah karena memang di dalamnya terdapat banyak keberkahan. Bahkan Rasulullah SAW menyebut sahur sebagai Al-Ghada’ Al-Mubarak, makan yang diberkahi.

Dalam sebuah riwayat disebutkan berikut ini:

عَنْ الْعِرْبَاضِ بْنِ سَارِيَةَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ يَدْعُو إِلَى السَّحُورِ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ وَقَالَ هَلُمُّوا إِلَى الْغَدَاءِ الْمُبَارَكِ

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN