Info Harian Laduni.ID: 19 Maret 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 19 Maret 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Selasa, 19 Maret 2024 bertepatan dengan hari wafat Syekh Mas Mohammad Arsyad Thawil Al-Bantani dan Syekh Muhammad Ali Ash-Shabuni.

Syekh Mas Mohammad Arsyad Thawil Al-Bantani
Syekh Arsyad Thawil lahir di Desa Lempayung, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang Banten pada Zulkaedah 1255 H/Januari 1840 M. Riwayat lain menyebut beliau lahir tahun 1263 H/1847 M. Tidak ada yang tahu persis, namun dibatu nisan tempat wafatnya di Manado tertulis beliau lahir tahun 1851 M.

Syekh Arsyad menikah di tempat pengasingannya di Manado dengan seorang gadis Minahasa yang merupakan anak dari seorang pendeta setempat bernama Magdalena Runtu yang setelah memeluk agama Islam mengubah namanya menjadi Tarhimah Magdalena Runtu.

Syekh Arsyad Thawil, wafat di Manado, Sulawesi Utara, pada hari Senin, 14 Zulhijah 1353 Hijriyah atau bertepatan dengan 19 Maret 1935 Masehi. Beliau dimakamkan di Pemakaman Lawangirung.

yekh Arsyad menerima pendidikan agama dasar langsung dari ayahnya yang juga seorang ulama dan memiliki Pesantren di Tanara. Saat usia 16 tahun, pada tahun 1867 M. Syekh Arsyad melakukan perjalanan menuju Bima di Pulau Sumbawa untuk belajar kepada Syekh Abdul Ghani.

Namun baru sampai di Surabaya, beliau bertemu dengan Syekh Abdul Ghani yang akan melaksanakan ibadah haji ke Makkah. Selanjutnya beliau menyatakan keinginannya untuk belajar kepadanya, Syekh Abdul Ghani kemudian menerima Syekh Arsyad sebagai murid sekaligus mengajaknya untuk pergi ke Makkah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN