Info Harian Laduni.ID: 20 Maret 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 20 Maret 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Rabu, 20 Maret 2024 bertepatan dengan hari wafat Abuya Muhammad Wali dan KH. Afif Zubaidi.

Abuya Muhammad Wali
Abuya Muhammad Wali lahir pada tahun 1338 H/1917 M di Desa Blang Pohroh, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh. Beliau adalah putra bungsu dari pasangan Syekh Haji Muhammad Salim bin Malin Palito dengan Siti Janadat,

Abuya Muhammad Wali wafat pada tanggal 20 Maret 1961 atau yang bertepatan pada tanggal 11 Syawal 1318 H.

Abuya Muhammad Wali belajar cara membaca Al-Qur'an dan kitab-kitab kecil tentang tauhid, fiqih, dan dasar ilmu bahasa Arab pada ayahnya. Pembelajaran ini sering dilakukan pada malam hari sesudah shalat Maghrib, Setelah tamat sekolah Volks-School, beliau diajak untuk belajar oleh ayahnya ke sebuah Pesantren di Ibu Kota Labuhan Haji yaitu pesantren Jam`iah Al-Khairiyah yang dipimpin oleh Teungku Muhammad Ali yang dikenal oleh masyarakat dengan panggilan Teungku Lampisang dari Aceh Besar.

Setelah mendapat ijazah thariqat beliau kembali ke Kota Padang dan mendirikan sebuah Pesantren yang bernama Bustanul Muhaqqiqin di Lubuk Begalung, Padang. Sebuah pesantren yang terdiri dari beberapa surau dan asrama. banyak murid yang mengambil ilmu di pesantren tersebut bahkan juga santri-santri dari Aceh.

Tetapi pada saat Jepang masuk ke Padang, Abuya Muhammad Wali mengambil keputusan pulang ke Aceh karena di Aceh beliau merasa lebih tenang dan nyaman dalam mengamalkan dan mengembangkan ilmu yang telah beliau miliki.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN