Manfaat dan Makna yang Terkandung di Dalam Doa Qunut

 
Manfaat dan Makna yang Terkandung di Dalam Doa Qunut
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Tidak ada perkara yang diwajibkan maupun disunnahkan oleh syariat tanpa manfaat. Semua itu tentau ada manfaat atau faedah tersendiri jika seorang Muslim melakukannya. Demikian pula terkait dengan kesunnahan untuk membaca doa Qunut.

Doa Qunut itu sunnah dibaca dalam shalat Subuh setelah rukuk di rakaat terakhir. Demikian pula disunnahkan untuk membacanya dalam shalat Witir pada separuh akhir bulan Ramadhan. Sebagaimana keterangan yang terdapat di dalam Kitab Al-Majmu'Imam An-Nawawi menjelaskan berikut ini:

ﻭﺍﻟﻤﺬﻫﺐ ﺃَﻥَّ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﺃَﻥْ ﻳَﻘْﻨُﺖَ ﻓِﻲ ﺍﻟﺮَّﻛْﻌَﺔِ ﺍﻵﺧِﺮَﺓِ ﻣِﻦْ ﺻَﻼﺓِ ﺍﻟْﻮِﺗْﺮِ ﻓِﻲ ﺍﻟﻨِّﺼْﻒِ ﺍﻷْﺧِﻴْﺮِ ﻣِﻦْ ﺷﻬﺮ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥ ﻫَﺬَﺍ ﻫُﻮَ ﺍﻟْﻤَﺸْﻬُﻮْﺭُ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤَﺬْﻫَﺐُ، ﻭَﻧَﺺَّ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ

"Sunnah membaca Qunut pada rakaat akhir dari shalat Witir di separuh akhir bulan Ramadhan. Ini pendapat yang masyhur dalam Mazhab Syafi’i berdasarkan nash dari Imam Syafi’i."

Sebagian besar ulama menyatakan tentang kesunnahan membaca Qunut dalam shalat Witir di separuh akhir bulan Ramadhan. Tentu hal tersebut berdasarkan dengan dalil-dalil yang kuat dalam mengikuti Rasulullah SAW.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN