KH Agoes Ali Masyhuri: Penting Berguru pada Sejarah Agar Cerdas Bersikap

 
KH Agoes Ali Masyhuri: Penting Berguru pada Sejarah Agar Cerdas Bersikap

LADUNI.ID, Jakarta - Sejarah adalah bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Sebab itu ia kaji dan dikembangkan menjadi sebuah disiplin ilmu. Sejarah juga bermanfaat sebagai cermin kehidupan masa depan sehingga penting berguru pada sejarah.

Mengenai pentingnya berguru pada sejarah senada dengan yang dijelaskan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Shalawat Sidoarjo, Jawa Timur KH Agoes Ali Masyhuri. Gus Ali, sapaan akrabnya, menegaskan bahwa manusia yang mampu berguru pada sejarah akan cerdas dalam bersikap dan mengambil keputusan.

“Urgensi berguru kepada sejarah agar menjadi orang yang cerdas dalam bersikap dan dalam mengambil  keputusan,” tutur Gus Ali lewat akun twitternya, @gusali_bsh, seperti dilansir dari laman NU Online, Jumat (25/1).

Gus Ali mendapatkan renungan tersebut ketika sampai di negeri Madinah dalam kesempatan ibadah umrohnya. Ia menyatakan bahwa Rasulullah SAW mencintai Kota Madinah. Generasi Islam awal berhasil menjadikan kota yang dulu bernama Yatsrib sebagai pusat perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban.

“Madinah adalah kota  yang paling dicintai Rasulullah SAW, penuh  keberkahan. Generasi Islam pertama mampu menjadikan Madinah sebagai pusat ilmu pengetahuan dan peradaban,” terang Gus Ali.