125 Mahasiswa IST Akprind Yogyakarta, IPK 3,80 Sarjana Terbaik

 
125 Mahasiswa IST Akprind Yogyakarta, IPK 3,80 Sarjana Terbaik

LADUNI.ID, Yogyakarta - Sebanyak 125 mahasiswa Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta diwisuda di Gedung Jogja Expo Center (JEC), Sabtu (26/1/2019). Wisuda ini merupakan periode II Tahun Akademik 2018/2019 yang dipimpin langsung oleh Rektor IST Akprind Yogyakarta Dr Ir Amir Hamzah MT.

Dalam sambutannya, Hamzah mengatakan bahwa perilaku kecurangan, ketidakadilan, dan berbagai  perilaku yang jauh dari nilai-nilai luhur Ketuhanan sebagai dasar kehidupan bersama telah memicu berbagai bencana di tanah air. Baik itu ekonomi, bencana sosial yang melahirkan tata kehidupan yang semakin tidak pasti.

“Ketidakpastian kehidupan saat ini sering diberi karakter VUCA (Volatility, Uncertanity, Complexity dan Ambiguity). Kehidupan yang berubah sangat cepat, tidak pasti, kompleks dan tidak jelas, baik perubahan cepat ke arah kebaikan maupun keburukan,” terang Hamzah.

Oleh sebab itu, Rektor IST Akprind berharap para wisudawan tidak hanyut dan bingung menghadapi tantangan kehidupan ini. Sebagai orang terdidik, lulusan IST Akprind harus berani menghadapi kenyataan dan terjun di tengah masyarakat.

“Alumni IST Akprind sudah memiliki bekal intelektual sehingga perlu ditambahkan lagi bekal spiritual berupa keimanan dan ketaqwaan, untuk membangun kesabaran dan kegigihan dalam mencapai cita-cita. Dengan kerja keras pantang menyerah dan senantiasa berusaha dan berdoa kepada Tuhan, Allah, SWT niscaya akan menemukan jalan yang terbaik,” jelas Hamzah.

Selain itu, Hamzah juga menambahkan, momentum wisuda merupakan akhir dari tugas layanan asuhan formal IST Akprind kepada mahasiswa dalam mengembangkan potensi dirinya. Namun, wisuda bukanlah akhir dari masa belajar. Sebaliknya, usai mengikuti wisuda sebagai tanda awal masa belajar di kehidupan nyata.

“lulusan IST Akprind telah dibekali pengetahuan dan keterampilan berupa pengembangan  potensi diri melalui kegiatan kuliah, penelitian, pengabdian masyarakat dan berbagai kegiatan organisasi kemahasiswaan seperti BEM, HMJ atau UKM. Hal itu dapat menjadi bekal untuk terjun dan berkarya di tengah  masyarakat,” tuturnya.

Wisuda Sarjana dan Ahli Madya Periode II Tahun Akademik 2018/2019 Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta terdiri dari 112 sarjana dan 13 Ahli Madya. Pada wisuda periode ini, sebanyak  11 wisudawan dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude, semua berasal dari program S1.

Sementara itu, lulusan terbaik program sarjana diraih oleh Heni Putriningtyas dari program studi Teknik Informatika. Heni Putriningtyas lulus dengan  IPK 3,80 dengan lama studi 4 tahun 3 bulan.

Sedangkan wisudawan lain yang berhasil lulus dengan predikan Cum Laude antara lain Muhammad Fahrizal Farid, Widayanto, Nanda Adi Pratama, Muh. Farid Ali Safi'i dan Agis Khoirunissa dari jurusan Teknik Informatika. Selain itu, Turied Hijri Hartien dan Hery Prasetyo Wibowo dari jurusan Teknik Industri. Serta tiga mahasiswa dari jurusan Teknik Geologi yaitu  Ary Ferdinand Joni, Vanny Septia Sundari dan Darussalam Nur Rachman. (Sumber: Times Indonesia)