Masjid Bertanggung Jawab Terhadap Jamaahnya

 
Masjid Bertanggung Jawab Terhadap Jamaahnya

 

LADUNI.ID,NASIONAL- Yayasan Askar Kauny (YAK) menggelar pelatihan manajemen masjid di Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, Kota Bandar Lampung pada Sabtu (26/1). Di hadapan ratusan peserta pelatihan manajemen masjid, Pendiri YAK, Ustaz Bobby Herwibowo menjelaskan, tanggung jawab masjid dan cara merancang program sosial masjid.

Ustaz Bobby mengatakan, tempat berlindung umat manusia adalah masjid. Sebagai buktinya saat terjadi bencana alam, orang-orang pergi berlindung di masjid. Maka, program-program masjid harus dibuat sebaik mungkin karena masjid adalah rumah untuk semua orang.

Yayasan Askar Kauny (YAK) menggelar tabligh akbar bertema hidup indah dengan Alquran di Masjid Ad-Du'a Kota Bandar Lampung pada Sabtu (26/1) malam.


Dia menjelaskan, dalam sejarahnya, masjid adalah bangunan pertama yang dibangun Rasulullah SAW ketika datang di Madinah. Kemudian masjid menjadi tempat atau pusat berkumpul umat Islam pada waktu itu. Karena masjid tempat umat Islam berkumpul, maka masjid memiliki tanggung jawab terhadap jamaah. 

"Pertama, masjid tidak boleh membiarkan jamaahnya lapar, terbelit utang dan terzalimi. Kedua, masjid perlu menjadi lembaga zakat dan baitul mal, jadi kalau ada orang yang berhutang tidak usah ke bank, ke baitul mal saja seperti zaman Rasulullah SAW, " kata Ustaz Bobby saat menjadi pembicara pelatihan manajemen masjid di IIB Darmajaya, Sabtu (26/1).

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN