Menguak Strategi Propaganda “Spin Doctors"

 
Menguak Strategi Propaganda “Spin Doctors

LADUNI. ID, KOLOM-SEJAK Pilpres 2014, Pilkada DKI Jakarta 2017 sampai Pilpres 2019 kelompok yang sama selalu menerapkan strategi yang sama yaitu pemutar balikan fakta dan kebenaran serta memproduksi kebohongan dan fitnah yang bertubi-tubi. Dari banyak strategi yang mereka gunakan diantaranya adalah strategi Spin Doctors. Apa yang dimaksud dengan strategi tersebut ?

Pengertian bebas dari Spin Doctors adalah individu atau kelompok yang menggunakan segala cara untuk menguasai publik, menggerakkan massa dan menguasai media sekaligus sebagai konseptor politik yang bertujuan mempengaruhi opini publik.

Spin Doctors berbeda dengan strategi pencitraan yang kita kenal. Dalam pencitraan yang konservatif, selalu menghadirkan data dan fakta yang sebenarnya. Sedangkan strategi spin doctors lebih banyak menggunakan fakta dan data yang sudah dimanipulasi. Dalam metode spin doctors kebenaran dipelintir sedemikian rupa sehingga yang seharusnya warna putih menjadi hitam dan sebaliknya. Metode spin doctors adalah strategi menjungkirbalikkan kebenaran, data dan fakta. Yang mereka gunakan adalah data palsu dan berita kebohongan yang sudah didisain sedemikian rupa.

Pola dan strategi spin doctors sangat sering digunakan oleh kubu lawan Jokowi sejak dulu. Sebagai contoh Jokowi difitnah PKI, turunan Tionghoa dan memusuhi Islam. Isu seperti ini secara masif telah ditembakkan ke arah Jokowi melalui media kubu mereka Obor Rakyat, Saracen dan Muslim Cyber Army. Dalam memunculkan HOAX dan fitnah mereka sama sekali tidak membutuhkan data autentik atau valid. Karena tujuan mereka hanya sekedar mendistorsi informasi ke masyarakat.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

 

Tags