Menguak Misteri Negeri Aulia Lhok Ghop Pidie Jaya dan Syekh Ibrahim

 
Menguak Misteri Negeri Aulia Lhok Ghop Pidie Jaya dan Syekh Ibrahim

 

LADUNI. ID, KOLOM-Udara yang segar dan pemandangan masih asri nan perawannya alam dengan tumbuhan dan aliran air menghiasi wajah daerah pedalaman, bahkan sang surya sore juga sangat bersahabat di negeri Bandar Dua, Pidie Jaya. 

Daerah pedalaman Ulee Glee, Bandar Dua, masih kental dengan alam yang perawan dan tidak banyak pergeseran dan pengrusakan alam dan tatanan masyarakat dengan majunya dunia saat ini  sudah menggapai  era 4.0 ini. 

keperawanan negeri itu tentu saja auranya juga memberikan efek terhadap masyarakat sekitar bahkan wajah ayu nan cantik "bidadari" juga masih terlihat di panteu rumah yang sudah permanen dengan wajah berseri dan menyimpan malu dalam senyumannya tersunggihnya. 

Dua mata terus menatap panaroma negeri itu, untaian zikir burung masih sangat merdu dan bersahutan walaupun waktu sudah menunjukkan senja yang mengingatkan kita akan kematian dan limit rotasi waktu.

Salah satu tempat yang mungkin bernbeda dan ada nilai relegi sera magicnya Lhok Ghop. Kawasan ini merupakan tempat "makhluk khusus" beribadah dan bermunajah kepada sang pencipta alam ini. 

Masyarakat Ulee Glee saat turun ke sawah mereka menjadikan negeri Lhok Ghop tempat washilah dan bermunajat mendoakan kebaikan dan perbaikan juga disertai dengan kenduri bersama.

Lhok Ghop merupakan daerah pintu aliran air yang dipenuhi bebatuan yang besar bahkan kini sudah ada masyarakat yang mencoba "mengotori" kesakralan dan magic dengan tamasyanya berhura-hura.  Aliran air Batee Iliek juga punya hubungan dengan Lhok Ghop. 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN