Setiap Hari Terdapat Enam Konten Hoaks Sepanjang Bulan Januari

 
Setiap Hari Terdapat Enam Konten Hoaks Sepanjang Bulan Januari

LADUNI.id, Jakarta - Kementerian Informasi dan Informatika RI kembali merilis rekapitulasi bulanan berita hoaks bulan Januari 2019. Dalam laporannya, terdapat 175 konten hoaks dan informasi tidak benar sepanjang awal tahun, atau jika dirata-rata, setara dengan enam konten hoaks setiap hari. 

Jumlah konten berbeda setiap hari, mulai dari dua hingga 11 konten yang ditemukan. Platformnya bermacam-macam, mulai aplikasi chatting, media sosial dan media online. Jika dilihat dari jenisnya, terdapat berbagai jenis konten hoaks yang diproduksi dan disebarkan, antara lain, jenis politik, kesehatan, bencana dan konten lain. 

Angka ini lebih banyak dari tahun sebelumnya. Dalam laporan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), tahun 2018 terdapat rata-rata tiga hingga empat konten hoaks setiap hari. 

Literasi digital diperlukan
 
Pengamat Medsos Rulli Nasrullah mengatakan dalam kondisi demikian, masyarakat perlu dibekali dengan literasi digital. Ini merupakan titik terpenting yang harus diberikan para generasi milenial untuk menjaga kondisi lingkungan medsos. Literasi digital tidak sekadar menunjukkan bahwa setiap orang bisa menggunakan medsos, namun juga bertujuan agar cakap dalam memanfaatkan teknologi dan perangkatnya  juga.
 
“Literasi digital juga mensyaratkan setiap pengguna untuk bertanggung jawab terhadap konten di medsos itu sendiri. Karena pada kenyataannya, misalkan walau medsos itu akunnya bersifat pribadi dalam pengertian dibangun dan dimiliki oleh pengguna itu sendiri, namun konten yang diunggah pada dasarnya bersifat mass-self communication,” ujarnya di Jakarta.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN