Perangi Hoax, WhatsApp Hapus 2 Juta Akun

 
Perangi Hoax, WhatsApp Hapus 2 Juta Akun

Laduni.id, Jakarta – Aplikasi perpesanan berbasis internet populer, WhatsApp, mengatakan telah menghapus dua juta akun setiap bulannya.

Seperti dikutip dari The Guardian, penghapusan akun tersebut sebagai upaya menghindari penyalahgunaan aplikasi perpesanan paling populer di dunia dalam menyebarkan berita bohong atau hoax dan informasi yang salah.

Juru bicara WhatsApp, Carl Woog, mengatakan banyak pengguna WhatsApp telah mengeksploitasi layanan yang disediakannya.

“Terkadang orang mencoba untuk mengeksploitasi layanan kami. Beberapa mungkin ingin mendistribusikan tautan umpan-klik yang dirancang untuk menangkap informasi pribadi, sementara yang lain ingin mempromosikan sebuah ide,” ungkap Woog.

Penghapusan besar-besaran dilakukan pihak WhatsApp berawal dari kontroversi partai politik di India yang dilaporkan telah menyalahgunakan layanan menjelang pemilihan umum, tahun lalu. Partai politik tersebut menyebarkan berita palsu untuk mempengaruhi pemilih.

“Terlepas dari tujuannya apa, pengiriman pesan otomatis dan massal melanggar ketentuan layanan kami. Dan salah satu prioritas kami adalah mencegah dan menghentikan penyalahgunaan semacam ini,” tutupnya.