Fadhilah Membaca Surat Tabarak atau Surat Al-Mulk

 
Fadhilah Membaca Surat Tabarak atau Surat Al-Mulk
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Semua Surat Al-Quran adalah istimewa. Siapa yang membacanya, meski tidak memahami arti yang terkandung di dalamnya, tetap akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Sebab Al-Qura’an adalah Kalamullah yang selamanya akan dijaga oleh Allah dan tidak ada seorang pun yang dapat mengubahnya, meski satu huruf sekalipun.

Di dalam Al-Qur’an terdapat 114 Surat yang semuanya adalah istimewa. Namun, ada beberapa yang lebih istimewa. Namun, bukan berarti keistimewaan itu menegasikan yang lain, justru hal itu mengukuhkan kemukjizatan Al-Qur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Di antara Surat Al-Qur’an yang memiliki keistimewaan lebih dibanding yang lainnya adalah Surat Tabarak atau Surat Al-Mulk. Karena itu, tidak salah kalau dalam sebuah komunitas muslim tertentu ada yang mengamalkan pembacaan surat tersebut rutin setiap hari.

Lantas, apa sebenarnya manfaat dan keistimewaan dari membaca Surat Tabarak atau Surat Al-Mulk secara rutin? Berikut riwayatnya:

ﻋَﻦِ اﺑْﻦِ ﻋَﺒَّﺎﺱٍ، ﻗَﺎﻝَ: ﺿَﺮَﺏَ ﺑَﻌْﺾُ ﺃَﺻْﺤَﺎﺏِ اﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺧَﺒَﺎئَهُ ﻋَﻠَﻰ ﻗَﺒْﺮٍ ﻭَﻫُﻮَ ﻻَ ﻳَﺤْﺴَﺐُ ﺃَﻧَّﻪُ ﻗَﺒْﺮٌ، ﻓَﺈِﺫَا ﻓِﻴْﻪِ ﺇِﻧْﺴَﺎﻥٌ ﻳَﻘْﺮَﺃُ ﺳُﻮْﺭَﺓَ ﺗَﺒَﺎﺭَﻙَ اﻟَّﺬِﻱْ ﺑِﻴَﺪِﻩِ اﻟْﻤُﻠْﻚُ ﺣَﺘَّﻰ ﺧَﺘْﻤِﻬَﺎ

"Ibnu Abbas berkata bahwa ada sebagian sahabat Nabi shalla Allahu alaihi wasallam memasang tenda di atas kuburan, dia tidak mengira itu kuburan....

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni