Pesan Sofyan Djalil dalam Haul Abon Aziz Samalanga Ke-30

 
Pesan Sofyan Djalil dalam Haul Abon Aziz Samalanga Ke-30

 

LADUNI.ID, ACEH Media sosial (medsos) kini sedang menjadi primadona dan berkembang begitu pesat. Dengan segala kelebihannya, medsos menjadi media yang paling cepat mudah, murah, dan efektif untuk menyampaikan pendapat dan gagasan. Hendaknya kita cerdas dan arif menggunakan media sosial.

Demikian diantara untaian nasehat yang disampaikan Sofyan Djalil Menteri Agraria dan Tata Ruang RI kepada santri, dewan guru dan masyarakat yang hadir dalam Haul Abon Aziz Samalanga Ke-30  di Mesjid Po Teumeruhom yang berada dalam kompleks dayah MUDI Masjid Raya Samalanga, Rabu, (Malam Kamis), 13 Februari 2019 setelah shalat Isya berjamaah.

"Medsos itu ibarat Malaikat Rakib dan 'Atid kebaikan dan kejahatan tercatat dan jejak digital itu dapat dihapus, makanya kita harus bisa menggunakan medsos dengan arif dan sebaik mungkin," pesannya kepada jamaah yang dihadiri lautan santri dan masyarakat.

Selanjutnya, sosok yang pernah menjadi menteri di beberapa kepemimpinan presiden Indonesia itu menambahkan untuk selektif dalam menyebarkan berita terlebih hoaxs. 

"Medsos tak bisa menyembunyikan efek negatifnya. Medsos sering digunakan justru untuk menyebarkan berita bohong dan provokasi." ungkap menteri kelahiran Aceh Timur itu.

Ia menceritakan di negara maju untuk menangkap seseorang  yang dicurigai itu dengan merekam jejak digital dan mendeteksinya juga dengan mudah menangkapnya.

"Negara Cina (Beijing) itu menangkap seseorang tidak membutuhkan waktu lama, lewat kecanggihan teknologi seorang target yang akan ditangkap membutuhkan waktu sekitar 15 menit dan ini berkat kemajuan teknologi," papar nya yang merupakan sosok tokoh nasional asal Aceh itu.

Menteri kabinet Jokowi itu juga mengajak santri untuk terus giat belajar dalam menuntut ilmu dan kecanggihan teknologi dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para santri.