Gadis yang Gabung ISIS Ini, Sekarang Ingin Pulang

 
Gadis yang Gabung ISIS Ini, Sekarang Ingin Pulang

LADUNI.ID, Jakarta - Adalah Shamima Begum (19), salah satu dari tiga remaja yang ditemukan hilang di London Timur pada 2015 silam. Kemudian dia diketahui telah bergabung dengan ISIS pada Februari 2015. Dua temannya yang juga gabung ISIS adalah Kadiza Sultana dan Amira Abase. 

Cerita menariknya, ketika mereka terbang dari Bandara Gatwick London menuju Turki sebelum akhirnya menyeberan ke Suriah. Awalnya mereka berbohong kepada orang tuanya meminta izin untuk keluar sehari. Namun nyatanya mereka pergi untuk bergabung dengan ISIS.

Awalnya, penguasa ISIS tidak mempercayai ketiga gadis asal Inggris itu dan menganggap mereka sebagai mata-mata. Mereka lalu ditempatkan di suatu apartemen di suatu kota yang dikuasai ISIS pada saat itu. Di situ, mereka ‘diasuh’ oleh Um Laith yang bertugas ‘menghapus’ pikiran-pikiran Barat mereka dan menanamkan paham keagamaan ISIS yang radikal. 

Pada waktu itu, Shamima dan dua temannya kemudian dipindahkan kemaqar, semacam tempat penginapan bagi perempuan yang belum menikah atau janda. Tidak lama berada di sana, ketiganya dinikahkan dengan milisi-milisi ISIS. Shamima sendiri dinikahkah Yago Riedijk, seorang milisi ISIS asal Belanda yang telah masuk Islam.  

Seperti laporan sebuah wawancara dengan jurnalis TheTimesAnthony Loyd, sebagaimana dikutip BBC, Rabu (13/2), Shamima mengaku menjalani hidup ‘normal’ ketika bergabung dengan ISIS empat tahun. 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN