Cara dan Waktu Sholat Taubat

 
Cara dan Waktu Sholat Taubat

LADUNI.ID, Jakarta -  Salah satu cara menebus dosa yang paling baik dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah Muhammad SAW adalah dengan menjalankan sholat taubat nasuha karena hampir setiap saat manusia melakukan dosa, baik disadari atau tidak. Tidak hanya yang kecil, manusia kadang juga melakukan dosa besar.
Dua alasan itulah yang mendasari munculnya anjuran bagi umat Islam untuk bertaubat dengan berbagai cara yang diridhoi Allah SWT.

Apa itu sholat taubat nasuha?

Sholat taubat nasuha adalah sholat sunnah yang dilakukan dalam rangka memohon pengampunan dari Allah SWT, atas segala dosa maupun kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat.

Sholat taubat nasuha juga disebut dengan sholat istighfar atau sholat minta ampun. Ketika sudah menjalankan sholat taubat nasuha yang benar, maka seorang muslim seharusnya tidak mungkin lagi mengulangi kembali maksiat atau dosa yang telah lalu.

Dasar hukum yang menganjurkan orang untuk menjalankan sholat taubat nasuha ini ada pada Alquran dalam surat At-Tahrim ayat 8,

Artinya: " Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai."

Allah sangat menyukai orang-orang Islam yang benar-benar bertaubat dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan maksiat. Seperti yang difirmankan dalam Al-Baqarah 2:22,

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN