Mendengar Ucapan Abah Guru Sekumpul, 11 Wanita PSK Ini Menangis

 
Mendengar Ucapan Abah Guru Sekumpul, 11 Wanita PSK Ini Menangis
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Dikisahkan bahwa sekitar tahun 1990, Abah Guru Sekumpul pernah menerima tamu, kurang lebih sebelas orang wanita. Kesebelas wanita ini bermaksud minta nasihat dan petuah dari Abah Guru. Tampak terlihat saat itu wajah para tamu yang merasa segan dan penuh kecemasan.   

Menurut pengakuan wanita-wanita tersebut, mereka bekerja (maaf, sebagai PSK). Dengan agak gemetar mereka satu persatu menceritakan kenapa mereka sampai tercebur ke dalam dunia kemaksiatan itu.

Terjadilah percakapan antara Abah Guru Sekumpul dengan wanita-wanita tersebut.

PSK: "Ulun terpaksa bekerja itu kerena membiayai anak-anak Ulun masih kecil-kecil."

PSK: "Ulun terpaksa bekerja begitu kerena mongkosi ibu bapa yang sudah tua renta dan sebagainya."

Abah Guru Sekumpul diam sejenak, lalu berkata: “Tahukah kalian. Sebenarnya pekerjaan kalian semua ini mulia...”

Spontan wanita-wanita ini terkejut mendengar ucapan Abah Guru Sekumpul. Tanpa sadar wanita-wanita ini menangis semua. Suasana mengharukan dengan isak tangisan wanita-wanita ini. Mereka tidak pernah menyangka akan kata-kata yang keluar dari  Abah Guru Sekumpul sedemikian santun dan lembut, sangat menyentuh ke hati.

Ketika suasana agak mereda, lalu Abah Guru Sekumpul berkata lagi: "Cuma tempat (kedudukan) pekerjaan kalian saja lah yang salah!"

Wanita-wanita ini masih terus menangis sembari mendengarkan petuah Abah Guru Sekumpul. Sejenak kemudian, Abah Guru Sekumpul lalu masuk ke dalam kamarnya dan tak lama kemudian keluar lagi sambil membawa sesuatu.

Abah Guru Sekumpul kemudian duduk diam saja melihat isak tangis para wanita itu. Setelah tangisan mereka mereda dan suasana cukup tenang, beliau kemudian membagikan amplop satu per satu kepada sebelas wanita tersebut. Mereka semua menerimanya dengan tangan  gemetar, sambil menangis terharu menyaksikan keindahan akhlak dan perhatian Abah Guru Sekumpul.

Kata Abah Guru Sekumpul: “Ini ampun pian (amplop) jadikan modal untuk berusaha. Pulanglah ke tempat asal kalian masing-masing. Bertaubatlah!

Betapa luar biasa akhlak Abah Guru Sekumpul, seorang Wali Allah yang penuh kasih sayang terhadap sesama hamba. Beliau juga adalah sosok yang pemurah dan sangat luhur budi pekertinya. Tidak mudah menyalahkan dan menghukumi kesalahan-kesalahan seseorang. Beliau lebih memilih untuk memberi tahu arah jalan pulang orang-orang yang telah jauh dari tuntunan agama, untuk bertaubat dan kembali kepada Allah SWT. Wallahu A'lam bis Showab. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 05 Maret 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

Editor: Hakim