Abi Fahmi Karimuddin Sang Maestro Ma'had Fahmussalam Al-Aziziyah Medan 

 
Abi Fahmi Karimuddin Sang Maestro Ma'had Fahmussalam Al-Aziziyah Medan 

 

LADUNI. ID, PESANTREN-Dayah atau Pesantren merupakan salah satu sistem pendidikan yang mengunakan sistem pendidikan klasik yang ada di Negara Indonesia, sistem pendidikan dayah (pesantren) muncul sejak Islam pertama kali masuk ke Nusantara tepatnya di Aceh beberapa abad yang silam dan biasanya lembaga pendidikan ini disesuaikan dengan berbagai nama disetiap wilayah Indonesia.

Umpanya seperti yang ada di Pulau JawaBarat  diberi nama ( Pondok ), di Sumatra atau Aceh sering disebut dengan (Dayah), Jawa Timur dan Jawa Tengah ( Pesantren ) sedangkan di Madura disebut juga dengan (Nyantren) juga sebagian wilayah dikenal dengan Ma'had dan lainnya.

Terlepas dari berbagai nama yang ada disetiap wilayah Indonesia perjalanan pendirian pesantren tidak lepas dari keiklasan para pendirinya untuk menyelamatkan generasi anak bangsa yang tertingal dalam pendidikan agama dan juga ekonomi.


Munculnya sistem pendidikan pesantren di Indonesia bersamaan dengan datangnya para saudagar yang secara khusus menyebarkan Agama Islam di Nusantara, oleh sebab itu peran pondok pesantren untuk Negeri Republik Indonesia ini sama dengan perjuangan islam itu sendiri.

Salah satu perjuangan pesantren untuk Negara Republik Indonesia pada zaman penjajahan colonial sebagai pelopor perubahan social yang bisa merubah pandangan hidup raknyat Indonesia dari segala bentuk kolonialisme di Ibu Pertiwi ini.

Peran Jihad para pendiri pesantren yang bisa membentuk santrinya taat kepada kiyainya dan setiap akan Negaranya menimbulkan semangat yang luar biasa ketika masa penjajahan dan berani untuk berjihat demi membela Bumi Nusantara.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN