Manajemen Stres Buat Anda Bahagia di Dunia dan Akhirat

 
Manajemen Stres Buat Anda Bahagia di Dunia dan Akhirat

Oleh Prof Dr Rochmat Wahab*

LADUNI.ID, Jakarta - Dalam kehidupan sehari-hari sering kita dengar ekspresi stress pada seseorang. Umumnya, stress itu dipahami sebagai sesuatu yang negatif, sehingga harus dihindari. Padahal, secara konseptual atau empirikal stress kadang bersifat positif, karena sangat diperlukan.

Karena itulah, tulisan ini dirasakan lebih kena menggunakan manajemen stress daripada menangani stress. Bagaimana kita bisa menghadapi stress apapun jenisnya bisa bermanfaat dan berdampak baik untuk kita. Jangan sampai terjadi, stress negatif berdampak negatif terhadap diri kita sendiri, apalagi stress positif.

Lazarus (1984) mengatakan bahwa “Stress is simply the body's response to changes that create taxing demands”. Pengertian ini memberikan indikasi bahwa stress itu sebagai kekuatan yang bisa menciptakan tuntutan yang membebani, baik yang bersifat negatif maupun positif.

Stress negatif yang sering kita ingin hindari disebut distress dan stress positif yang sering kita kehendaki disebut eustress.

Untuk memahami stress lebih detil, mari kita cermati karakteristik stress negatif dan stress positif. Karakateristik stress negatif (distress), diantaranya: (1) menyebabkan kecemasan, (2) bersifat jangka pendek atau panjang, (3) dirasakan sebagai kemampuan mengatasi dari luar diri, (3) merasa tidak nyaman, (4) menurunkan kinerja, (5) dapat mengarahkan problem mental dan fisik....

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni