PBB Meluncurkan Data Terbaru, Masyarakat Dunia Didominasi Lansia

 
PBB Meluncurkan Data Terbaru, Masyarakat Dunia Didominasi Lansia

LADUNI.ID | - New York. Saat ini lebih banyak orang lanjut usia (lansia) dibandingkan anak muda yang membuktikan bahwa dunia kian menua. Data terbaru yang dirilis Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu menunjukkan jumlah warga berusia di atas 65 tahun melebihi jumlah warga berusia di bawah lima tahun pada akhir 2018. Catatan ini merupakan kali pertama dalam sejarah umat manusia.

Saat ini terdapat sekitar 705 juta orang berumur lebih dari 65 tahun, dan mereka yang berusia 0–4 tahun hanya sekitar 680 juta jiwa. Diperkirakan pada 2050 lebih dari dua orang berumur lebih dari 65 tahun untuk tiap satu warga berumur 0–4 tahun. 

Semakin melebarnya kesenjangan ini menjadi simbol tren yang telah dilacak puluhan tahun oleh para pakar demografi, yakni sebagian besar negara warganya hidup lebih lama dan tidak memiliki cukup bayi.  

Namun, kondisi ini tidak berlaku untuk Indonesia. Berdasarkan survei penduduk antar sensus (Supas) 2015, jumlah penduduk Indonesia yang berusia 4 tahun ke bawah pada 2019 diproyeksikan jauh lebih besar dibanding usia 65 tahun ke atas, yakni sekitar 22 juta orang berbanding 17 juta orang. Jumlah penduduk produktif-kelompok umur 15-64 tahun–juga sangat besar, yakni mencapai 183,36 juta jiwa atau 68,7% dari total populasi. 

Kata Direktur Institut Evaluasi dan Metrik Kesehatan Universitas Washington Christopher Murray, dilansir BBC. “Akan ada sangat sedikit anak dan banyak orang berumur lebih dari 65 tahun dan itu menjadikan sangat sulit untuk menjaga masyarakat global,”

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN