Ciri-Ciri Orang dengan Sikap Takabur

 
Ciri-Ciri Orang dengan Sikap Takabur
Sumber Gambar: laduni.id

LADUNI.ID, Jakarta – Takabur adalah sikap sombong, merasa paling tinggi, hingga akhirnya merendahkan orang lain. Orang takabur akan memperlihatkan kelebihannya untuk membuktikan diri bahwa ialah yang terbaik sambil mengejek serta merendahkan orang lain. Takabur merupakan salah satu sifat tercela yang sebaiknya dijauhi, karena bisa membuat seseorang berkeinginan dalam menampakkan kehebatan dirinya yang terus menerus di hadapan orang lain. Bahkan, dengan sifat takabur, seseorang bisa juga dijauhi oleh orang-orang terdekat.

Takabur sebagai suatu sifat yang dibenci oleh Allah SWT. Bahkan, Allah SWT juga memberikan azab bagi orang-orang yang kemudian memiliki sifat ini.
Berdasarkan sebuah hadis qudsi yang diriwayatkan oleh Thabrani dari Ali bin Abi Thalib R.A.
Rasulullah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam   menegaskan bahwa “seseorang yang memiliki sifat takabur sesungguhnya telah mengambil ataupun merampas pakaian Allah SWT.” Dengan kata lain, takabur menjadi sifat yang tidak seharusnya dimiliki oleh manusia, apapun yang dimilikinya serta posisi atau jabatannya.

Seseorang yang takabur juga dapat dikenali melalui ciri-cirinya. Adapun ciri-ciri orang yang bersifat takabur adalah sebagai berikut.

Terlihat Angkuh

Takabur merupakan sifat yang akan menimbulkan kebencian di antara manusia serta tidak membawa manfaat sama sekali. Oleh karenanya, Allah SWT sangat membenci sifat ini. Orang yang memiliki sifat takabur ialah orang yang biasanya terlihat angkuh secara lahiriah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN