Berkumpulnya Amal Sholeh dengan Jenazah Seorang Muslim

 
Berkumpulnya Amal Sholeh dengan Jenazah Seorang Muslim

Bab Keempat 

Tentang berkumpulnya orang mati dengan amalannya yang baik maupun yang buruk, pembelaan dan pembicaraan amal, kesedihan orang mati karena terputusnya amalan dan orang yang termulia lantaran amal saleh yang masih berlanjut.

الباب الرابع: في اجتماع أعمال الميت عليه من خير وشر ومدافعتها عنه وكلامها له وما ورد من تحسر الموتى على انقطاع أعمالهم ومن أكرم منهم تبقى إعماله عليه روى حماد بن سلمة عن محمد بن عمرو بن علقمة عن أبي سلمة عن أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "والذي نفسي بيده إنه ليسمع خفق نعالكم حين تولون عنه فإن كان مؤمنا كانت الصلاة عند رأسه والزكاة عن يمينه والصوم عن شماله وفعل الخيرات والمعروف والإحسان إلى الناس عند رجليه. فيؤتى من قبل رأسه فتقول الصلاة ليس من قبلي مدخل فيؤتى عن يمينه فتقول الزكاة ليس من قبلي مدخل ثم يؤتى عن شماله فيقول الصوم ليس قبل مدخل ثم يؤتى من قبل رجليه فيقول فعل الخيرات والإحسان إلى الناس ليس قبلي مدخل.

Hammad bin Salamah meriwayatkan dari Muhammad bin 'Amr bin 'Alqomah dari Abi Salamah dari Abu Hurairoh dari Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : "Demi dzat yang jiwaku dalam kekuasaan-Nya, sesungguhnya mayyit bisa mendengar suara sandal-sandal kalian ketika kalian meninggalkannya. Jika ia orang beriman maka sholat berada di kepalanya, zakat di sebelah kanannya, puasa di sebelah kirinya dan amalan-amalan kebaikannya kepada manusia berada di kedua kakinya. dia didatangi -malaikat munkar dan nakir- dari arah kepalanya, maka sholat berkata : " dari arahku tidak ada jalan masuk" dia didatangi dari arah kanannya, maka zakat berkata : " dari arahku tidak ada jalan masuk" . dia didatangi dari arah kirinya, maka puasa berkata : " dari arahku tidak ada jalan masuk." lalu dia didatangi dari arah kedua kakinya, maka amalan-amalan kebaikannya kepada manusia berkata :" dari arahku tidak ada jalan masuk."

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

Masuk ke Laduni