Di Manakah Letak Surga dan Neraka?

 
Di Manakah Letak Surga dan Neraka?
Sumber Gambar: Foto (ist)

PERTANYAAN :
Assalamu'alaykum.wr.wb. Afwan, saya mau tanya di sini, ada di kitab apakah tentang keberadaan NERAKA ? "Bumi ada 7 lapisan, kita berada pada tingkat ke 7, & tingkat 6-5-4-3-2- di situ ada makhluq ALLOH juga, & Neraka ada pada tingkat 1/ di Dasar lapisan bumi, & sebenarnya inilah yang dimaksud 6 masa, yaitu, kita diciptakan setelah adanya makhluq2 ALLOH yang tidak sempurna, yang berada pada lapisan bumi itu", Afwan, mohon keterangannya, adakah kebenarannya ? Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

JAWABAN :
Wa'alaikum salam warahmatullah wabarakatuh. Rekomendasi utama adalah kitab 'Yaqzhatu Ulil I'tibar mimma Warada Fi Dzikrin Nar wa Ashhabin Nar' (Kewaspadaan bagi Orang yang Mau Mengambil Pelajaran dari Keterangan yang Menuturkan Tentang Neraka dan Para Penghuninya) karangan Shiddiq Hasan Khan. Kami tidak menjumpai keterangan semacam di atas. Yang agak serupa, terdapat pendapat neraka terdapat di bumi lapisan ke tujuh (bukan ke satu), dimana pendapat ini adalah salah satu dari sekian pendapat berbeda yang berupa :

Baca juga: Penjelasan Hadits yang Menyatakan “Anak Zina Tidak Masuk Surga”

1.Neraka terdapat di langit, mengambil dalil hadits Hudzaifah tentang Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sewaktu mi'raj di langit melihat surga dan neraka.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN