Empat Cara Untuk Mengetahui Kekurangan Diri Sendiri

 
Empat Cara Untuk Mengetahui Kekurangan Diri Sendiri
Sumber Gambar: Selasa Kliwon, 9 Mei 2023 laduni.id

LADUNI.ID, Jakarta – Manusia adalah makhluk yang tidak luput dari dosa dan kesalahan. Karena itu, Islam mengajarkan untuk memperbaiki terus menerus agar menjadi Muslim yang lebih baik setiap harinya. Dan Manusia adalah makhluk Allah SWT yang diciptakan dalam bentuk terbaik.
Ia diciptakan dengan bentuk fisik yang indah, juga diberi perangkat lunak yang sempurna, seperti akal pikiran, rasa, dan karsa (kehendak).

Manusia berbeda dari makhluk Allah SWT  lainnya. Malaikat diciptakan hanya memiliki akal tanpa diberi syahwat dan nafsu. Hewan dibekali syahwat sehingga hidupnya hanya mengikuti keinginan kebutuhan badannya; makan, minum, berhubungan badan dan segala keinginan yang bersifat jasmaniah. Sementara setan diciptakan hanya dengan bekal nafsu sehingga sepanjang hidupnya selalu ingkar akan nikmat Allah SWT.

Maka dari itu Kelebihan dan kekurangan diri kita seringkali diibaratkan sebagai dua sisi mata pisau yang sama. Sebenarnya tidak ada yang salah untuk mengakui kekurangan diri sendiri. Apalagi hal ini penting ketika kita sedang mengejar mimpi. Kalau kekurangan ditutupi, bisa jadi kita akan gagal dalam mengejar mimpi tersebut.

Imam Al-Ghazali dalam karya besarnya Kitab Ihya ‘Ulumiddin (juz 3, hlm 62) memberi metode praktis bagaimana cara kita untuk mengetahui kekurangan kita.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN