Institut Agama Islam (IAI)Darullughah Wadda’wah Pasuruan

 
Institut Agama Islam (IAI)Darullughah Wadda’wah Pasuruan

PROFIL
Sekolah Tinggi Agama Islam Darullughah Wadda’wah (STAI Dalwa) yang telah berpengalaman menyelenggarakan pendidikan tinggi sejak tahun 1996 dengan kondisi dan potensi yang dimiliki merasa terpanggil untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas di bidang ilmu pengetahuan dan handal dalam bidang teknologi serta pembangunan nasional.

Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Jurusan Syariah Program Studi al-Ahwal al-Syakhshiyah merupakan dua jurusan yang dimiliki STAI Darullughah Wadda’wah, sejak awal berdirinya telah berkembang dan telah menghasilkan lulusan sarjana yang berkiprah dalam berbagai sektor pembangunan nasional. Namun semakin meningkatnya tantangan yang mereka hadapi banyak memerlukan peningkatan serta pengembangan baik secara institusional maupun struktural agar lebih mampu mengantisipasi serta menjawab tantangan dan perubahan pada masa depan.

Substansi keilmuan yang menjadi kajian, proses pendidikan, sumber daya manusia, kinerja dan manajemen memerlukan rekayasa ulang agar mampu melahirkan lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif, mampu memanfaatkan, mengembangkan ilmu pengetahuan yang dibutuhkan bagi peningkatan kesejahteraan, kemajuan peradaban menuju masyarakat yang berkualitas, maju, mandiri dilandasi nilai spiritual, moral, etika, nilai luhur budaya bangsa serta nilai keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Pembangunan bidang pendidikan mempunyai nilai strategis sebgai salah satu faktor terwujudnya kehandalan Sumber Daya Manusia (SDM) yang diperlukan sebagai salah satu modal dasar kesinambungan pembangunan nasional. Oleh karena itu, pembangunan bidang pendidikan menjadi tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah maupun swasta.

Lebih dari itu, perkembangan jaman di masa mendatang yang ditandai oleh kemajuan teknologi, sosial, budaya, dan politik, membutuhkan kesiapan SDM yang ‘paripurna’ dari sisi jenjang akademik SDM yang sedemikian itu ditandai oleh kemampuan analisis dan prediksi yang handal, dilatarbelakangi dengan bekal teoritis yang komprehensif dan disertai dengan integritas yang tinggi untuk mengembangkan disiplin ilmu yang digelutinya. Berbekal pada tekad ini diharapkan peranan perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas SDM melalui peningkatan kualitas pendidikan nasional akan lebih meningkat.

Berangkat dari pola pemikiran tersebut di atas, STAI Darullughah Wadda’wah terus mengembangkan diri sehingga pada tahun 2013 STAI Dalwa beralih status menjadi Institut Agama Islam Darullughah Wadda’wah berdasarkan SK Dirjen Pendis Nomor 3530 Tahun 2013 dengan mengembangkan berbagai fakultas yang terdiri atas: Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syariah, Fakultas Dakwah dan Fakultas Adab serta Program Pascasarjana dengan 8 Program Studi. Selain fakultas-fakultas diatas, INI Dalwa berencana akan membuka Program Pascasarjana (PPS/S.2) Magister Manajemen Pendidikan Islam pada Tahun Akademik 2013-2014. Beberapa pertimbangan khusus yang melatarbelakangi pembukaan program tersebut di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Daya tampung perguruan tinggi negeri (IAIN maupun UIN) dalam menyelenggarakan pendidikan program S.2 sangat terbatas, sementara kebutuhan lulusan sarjana dengan kualifikasi pendidikan S.2 sangat mendesak, baik di lingkungan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta.
  2. Program Pascasarjana (S.2) Magister Manajemen Pendidikan Islam merupakan jalur pengembangan ilmu agama yang strategis guna memenuhi kebutuhan pembangunan dan tantangan perkembangan ilmu pengetahuan serta perkembangan masyarakat modern sekarang dan pada masa mendatang.
  3. Kesadaran untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan serta pengalaman agama Islam semakin meningkat khususnya di kalangan intelektual muslim, terutama pendekatan-pendekatan baru terhadap ajaran Islam kontekstual, dinamis dan inovatif bagi sarjana lulusan S.1, dosen-dosen pengajar agama Islam, dan intelektual muslim yang jumlahnya cukup besar. Hal ini merupakan peluang bagi penyelenggaraan Program Pascararjana Magister Manajemen Pendidikan Islam.
  4. Tersedianya sumber daya manusia (tenaga pengajar) baik di dalam maupun di luar INI Dalwa dan didukung pulaq oleh sarana dan prasarana yang dimiliki INI Dalwa memungkinkan diselenggarakan Program Pasca-sarjana (S.2) Magister Manajemen Pendidikan Islam. Hal ini sesuai pula dengan Rencana Induk Pengembangan Akademik Sekolah Tinggi Agama Islam Darullughah Wadda’wah 2010-2015, Keputusan Sidang Pleno Yayasan Darullughah Wadda’wah Bangil, tahun 2011.
  5. Surat Keputusan Pengurus Harian Yayasan Darullughah Wadda’wah tahun 2010 tentang Pendirian Program Magister Manajemen Pendidikan Islam pada Program Pascasarjana STAI Darullughah Wadda’wah.

Mengemban amanat visi INI Dalwa untuk menjadi Perguruan Tinggi Agama Islam berkualitas, maka tuntutan kelengkapan jenjang pendidikan maupun jenis program studi, menjadi salah satu yang harus segera diwujudkan.

PROGRAM STUDI (PRODI)
1. S1 – [ Jurusan Hukum Keluarga/ Ahwal Al Syaksyiah ]                                                                                                  
2. S1 – [ Jurusan Manajmen Pendidikan Islam ]
3. S1 – [ Jurusan Pendidikan Agama Islam  ]
4. S1 – [ Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam ]
5. S1 – [ Jurusan Pendidikan Bahasa Arab]
6. S1 – [ Jurusan Ekonomi Syari’ah ]
7. S1 – [ Jurusan Bimbingan dan Konseling ]
8. S1 – [ Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam]
9. S2 – [ Jurusan Pendidikan Bahasa Arab ]
10. S2 – [ Jurusan Manajemen Pendidikan Islam ]
11. S3 – [ Jurusan Pendidikan Agama Islam ]

ALAMAT
Jl. Raci No. 51 Bangil Pasuruan
Email:      info@iaidalwa.ac.id
Telepon: (0343) 745317 / (0343) 745317
Kode Pos: 67153
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : https://www.iaidalwa.ac.id


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id