YouTube Kini Gunakan Metriks Quality Watch Time

 
YouTube Kini Gunakan Metriks Quality Watch Time

LADUNI.ID - Sebagai Media berbagi video terbesar, YouTube seringkali mendapat kritikan. Terutama soal algoritma yang kerap mengatrol video-video yang cenderung kurang berkualitas dan tak jarang kontroversial.

YouTube akhirnya menjawab kritikan tersebut dengan membuat dua buah metrik baru yang dipasang secara internal.

Tidak hanya mengukur lamanya mereka menonton video, salah satu metriks ini juga digunakan untuk mengukur waktu total yang dihabiskan orang-orang di platform YoTube, termasuk ketika mereka meninggalkan komentar dan membacanya.

Selain itu, YouTube juga menggunakan metriks lain bernama Quality Watch Time, metriks ini berguna untuk mengukur konten secara lebih konstruktif, bukan konten yang sekadar membuat penonton berlama-lama menonton video di YouTube.

Bisa dikatakan, metriks tersebut akan membawa perubahan bagi konten-konten yang dianggap berkualitas, dan seharusnya lebih banyak mendapat apresiasi berupa iklan dan penonton.

Sebelumnya, untuk mengukur kesuksesan sebuah video, YouTube hanya menggunakan engagement, seberapa banyak waktu yang dihabiskan orang untuk menonton video tanpa meninjau apakah video tersebut berkualitas ataukan video negatif yang berisi konspirasi.

Sejauh ini, YouTube belum menjelaskan bagiamana cara kerja metrik Quality Watch Time ini dan bagaimana cara mengkomunikasikannya kepada para kreator agar lebih banyak membuat video berkualitas.

Dalam menentukan kriteria video berkualitas atau video mana yang lebih "bertanggung jawab" memang pekerjaan sulit, oleh sebab itu pihak YouTube menjelaskan bahwa metrik ini akan dikelola oleh tenaga manual dan software. Tak hanya untuk sebuah mesin algoritma bahkan untuk manusia sendiri takaran berkualitas pasti berbeda.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

 

Tags