Do'a Berbuka Puasa dan Penjelasannya

 
Do'a Berbuka Puasa dan Penjelasannya

PERTANYAAN :

Assalamualaikum. Mau tanya permasalahan puasa.

1. Apakah

اللهم لك صمت و بك امنت و على رزقك افطرت برحمتك يا ارحم الراحمين

adalah hadits palsu, atau dengan kata lain, ini bukanlah hadits. Tidak terdapat di kitab hadits manapun. Sehingga kita tidak boleh meyakini doa ini sebagai hadits Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam. Oleh karena itu, doa dengan lafazh ini dihukumi sama seperti ucapan orang biasa seperti saya dan anda. Sama kedudukannya seperti kita berdoa dengan kata-kata sendiri. Sehingga doa ini tidak boleh dipopulerkan apalagi dipatenkan sebagai doa berbuka puasa.BENARKAH ?

2. Kalau do'if kenapa lebih terkenal dibanding doa ini?

ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الل

3. Salah satu doa yang tidak tertolak adalah saat berbuka puasa. Pertanyaan: kapan doa itu dilaksanakan ?sebelum membatalkan puasa,berbareng saat berdoa buka puasa atau setelah membatalkan puasa ? terima kasih.

 

JAWABAN :

Wa'alaikum salam wr wb. Sepengetahuan saya derajat hadits tersebut adalah MURSAL, namun di-dhoifkan oleh muhadits otodidak wahabi ( albani dalam al-jami'i al- shoghir, nama kitabnya hampir sama dengan jami'ish shoghir nya ASWAJA ).

Adalah terlalu berlebihan kalau menyatakan salah, apalagi bid’ah berdo’a dengan do’a tersebut. Karena sebagai do’a, asalkan maknanya tidak bertentangan dengan aqidah Islam dan tidak untuk maksiyat, maka disunnahkan berdo’a walaupun do’a buatan sendiri atau dengan bahasa non Arab sekalipun. Apalagi do’anya orang yang berpuasa tidak ditolak. Rasulullah saw bersabda:

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN