Tafsir Ayat Masuklah Kalian kepada Islam yang Kaffah

 
Tafsir Ayat Masuklah Kalian kepada Islam yang Kaffah

Laduni.ID, Jakarta - Kita sering mendengar kutipan ayat Al-Qur'an yang disampaikan oleh para da'i dan khatib jum'at "masuklah kalian kedalam agama Islam secara kaffah". Bahkan kekinian ayat ini sangat populer dan terus digelorakan dengan penuh semangat oleh beberapa kelompok muslim di tanah air dengan berbagai macam motif. Ayat tersebut adalah ayat dari QS. Al-Baqarah ayat 208 yang bunyinya:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu”.

Mengenai Asbabun Nuzul Ayat ini adalah perihal Abdullah bin Salam bersama para sahabatnya yang berasal dari Yahudi Bani Nadhir di Madinah. Meskipun sudah memeluk Islam, mereka masih terpengaruh oleh norma-norma agama Yahudi seperti penghormatan terhadap hari Sabtu dan keharaman daging unta. Sikap setengah-setengah ini yang ditegur oleh Allah SWT sebagaimana keterangan Syekh Wahbah Az-Zuhayli dalam kitab At-Tafsir Al-Wajiz berikut ini:

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN