Kaitan Nama-nama dari Nabi Muhammad Sifat Optimisme

 
Kaitan Nama-nama dari Nabi Muhammad Sifat Optimisme

LADUNI.ID, Jakarta - Nabi Muhammad saw. kerap kali memberikan nama kepada barang-barang yang dimiliki dan dipakainya. Mulai dari hewan yang dikendarai, barang-barang yang digunakan setiap harinya, hingga alat-alat perang yang digunakannya ketika berperang. Qashwa adalah salah satunya. Unta kesayangan Nabi Muhammad saw. yang dibeli dari Sayyidina Abu Bakar as-Siddiq. Ia diberi nama seperti itu karena cepatnya ketika berjalan.

Nabi Muhammad saw. menunggangi Qashwa ketika hijrah ke Madinah. Selain menaiki untuk hijrah ke Madinah, Rasulullah juga menunggangi Qashwa dalam beberapa peristiwa penting lainnya seperti Perang Badar, Fathu Makkah (pembebasan Kota Makkah), Perjanjian Hudaibiyah, dan Haji Wada’.

Nabi Muhammad saw. juga memiliki kuda yang bernama ath-Thirf. Diberi nama demikian karena kuda itu mampu berlari dengan cepat, secepat kedipan mata. Selain itu, Nabi Muhammad saw. juga memiliki kuda yang digunakan untuk perlombaan. Namanya as-Sakbu (kuda yang berlari kencang bagaikan air yang mengalir). Dulu kuda ini miliki seorang Badui dan bernama adh-Dharsu (kuda yang sulit dikendalikan dan berkelakuan jelek). Kemudian Nabi mengubah namanya menjadi as-Sakbu. Selain itu, Nabi Muhammad saw. juga memiliki beberapa kuda lainya yang diberi nama al-Wardu (kemerah-merahan), Sabhatun (kuda yang jalannya begitu kencang), dan yang lainnya.

Hal yang sama juga Nabi Muhammad saw. lakukan kepada seperangkat alat perangnya. Diantaranya bendera yang digunakan Nabi Muhammad saw. untuk berperang yang diberi nama al-Uqab. Sementara untuk pedang, Nabi Muhammad saw. memiliki beberapa seperti Zul Fiqar, al-Mihzam (pemenggal), ar-Rusuub (tajam hingga bisa menembus daging), al-Battar (tajam), al-Qal’iy (benteng), al-Qadhiib (pemenggal), al-Adhab (tajam), dan al-Hatf (yang membuat binasa). Semuanya alat-alat perang Nabi Muhammad saw. dinamai dengan nama-nama yang indah dan bermakna.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN