Dubai Miliki Panel Surya Terbesar di Dunia

 
Dubai Miliki Panel Surya Terbesar di Dunia

LADUNI.ID, Dubai - Sebagaimana diketahui, Dubai merupakan salah satu negara yang berada di gurun pasir Timur Tengah dengan tingkat pancaran sinar matahari yang berlimpah. Guna memanfaatkan hal tersebut, Dubai sedang membangun panel surya terbesar di dunia yang berlokasi di gurun pasir negara tersebut. Lokasi pembangunan tersebut nantinyan akan di beri nama Taman Panel Surya Mohammed bin Rashid Al Maktoum yang akan menjadi ikon baru Uni Emirat Arab (UEA).

Sementara itu, citra satelit menunjukkan skala yang sangat besar di mana panel surya terbentang dari timur ke barat yang dikelilingi pembangkit listrik. Jika selesai dibangun, Dubai Energy and Water Authority (DEWA) mengungkapkan investasi senilai USD13,6 miliar bisa memasok energi untuk 1,3 juta rumah dan mengurangi emisi karbon sebanyak 6,5 ton per tahun.

Ladang panel surya itu dimulai diumumkan ke publik pada 2012 dan akan selesai proyek pembangunannya pada 2030. Taman panel surya 5.000 megawatt akan selesai tiga kali lebih lama dibandingkan Burj Khalifa. Fase pertama dan kedua sudah selesai dengan 2,3 panel surya dengan kapasitas 213 megawatt. Fase tiga yang masih dalam proyek konstruksi memasang 3 juta panel surya dan 800 megawatt akan selesai pada 2020. kini, proyek tersebut memasuki tahap keempat dan mungkin ini akan menjadi tahapan yang paling ambisius.

Menurut Direktur Pelaksana DEWA Saeed Al-Tayer, proyek tersebut menandai batu loncatan untuk pentingnya energi bersih dan terbarukan. Itu juga akan mempromosikan penggunaan energi yang seimbang untuk pembangunan dan lingkungan. “Taman surya itu akan menghasilkan 5.000 megawatt pada 2030. Itu akan memasok listrik ke wilayah seluas 44 km persegi dan memecahkan rekor dunia,” terang Al-Tayer.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN