Motivasi Muslim: “Kesadaran” dalam Kerjasama Tim

 
Motivasi Muslim: “Kesadaran” dalam Kerjasama Tim

LADUNI.ID, Jakarta - Organisasi (Yunani: ὄργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama, Wikipedia
Jadi secara definisi, jika ada sekelompok orang memiliki tujuan bersama, maka itu adalah sebuah organisasi. Bentuknya/wadahnya bisa sebuah negara, perusahaan, klub hobi, tim olahraga, bahkan keluarga sekalipun.

Dari definisi di atas kita dapat menyimpulkan, bahwa "SEKELOMPOK ORANG" yang berkumpul dalam "wadah" yang sama itu, perlu berkolaborasi, bersinergi, selaras agar "TUJUAN BERSAMA" yang ingin dicapai dapat terwujud. Atau dengan kata lain diperlukan "BEKERJA SAMA" untuk mencapai "tujuan bersama", dan ini adalah hukum dasar dari sukses nya sebuah organisasi, apapun bentuk organisasi itu.

Seperti contoh dalam olah raga balap sepeda, diperlukan kerjasama tim yang bagus, untuk mencapai kemenangan. Dari contoh tersebut sekiranya ada beberapa hal yang dapat kita ambil pelajaran.

1. Setiap anggota tim mempunyai peran dan TANGGUNG JAWAB yang berbeda-beda. Ini disesuaikan dengan kebutuhan untuk mencapai tujuannya.
2. Setiap anggota tim, SADAR, dan disiplin dalam menjalani perannya. Mereka tahu, bahwa peran mereka sekecil apapun akan berdampak untuk keberhasilan tim (baca : organisasi).
3. FOKUS...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni