Persiapan Menyambut Ramadhan

 
Persiapan Menyambut Ramadhan

LADUNI.ID - Beberapa hari lagi bulan suci Ramadhan akan tiba. Bulan Ramadhan bagi umat Islam sangat istimewa. Oleh karena itu, dalam rangka menyambut dan persiapan memasuki bulan suci Ramadhan, banyak hal yang harus dipersiapkan, antara lain, disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW. Beliau bersabda: 
مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ آمِنًا فِى سِرْبِهِ مُعَافًى فِى جَسَدِهِ عِنْدَهُ قُوتُ يَوْمِهِ فَكَأَنَّمَا حِيزَتْ لَهُ الدُّنْيَا 
Barangsiapa di antara kalian yang telah merasa aman dengan lingkungan sosialnya, merasa sehat fisiknya, mampu mencukupi kebutuhan makannya setiap hari, maka ia ibarat menggenggam dunia. (HR. Tirmidzi dari 'Ubaidillah bin Mihshan).

Hadis ini menerangkan bahwa dunia akan berada dalam genggaman kita, maksudnya bahwa di antara yang mendatangkan kenyamanan, ketenangan, dan kebahagiaan dalam hidup ini, apabila tiga hal yang disebutkan dalam hadis tersebut mampu kita persiapkan dan laksanakan dengan baik. Sekaligus tiga hal ini juga yang perlu dipersiapkan dan dilaksanakan sebagai bagian dari upaya menyambut bulan suci Ramadhan, sehingga merasa tenang, aman dan nyaman beribadah selama bulan suci Ramadhan.
Tiga hal yang dimaksud adalah: 
1. Aman dan nyaman di lingkungan keluarga, tetangga dan sosial masyarakat. 
Menciptakan rasa aman, tenang dan nyaman dalam kehidupan keluarga, tetangga, dan masyarakat adalah dengan memperbaiki dan menjaga selalu mempererat silaturrahmi, menghindari kebencian dan permusuhan. Kebencian, dendam, menyakiti, suka menyebar aib dan keburukan orang lain adalah penyakit hati. Agama sangat melarang perbuatan seperti ini, akan merusak nilai pahala ibadah ritual. Terkadang kita bisa menjaga ibadah, tapi tidak bisa menjaga lidah, dan jari-jari untuk men-klik dan meng-share, menyebarluaskan gambar, video, dan berita aib orang orang lain, terlebih lagi gambar, video, dan berita itu adalah edit-editan (palsu atau hoax) oleh orang atau kelompok lain.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

 

Tags