Mengamalkan Akhlak Islam

 
Mengamalkan Akhlak Islam

LADUNI.ID, Jakarta - Di abad Millenium ini, globalisasi telah menjadi perbincangan di kalangan kita. Menurut pendapat kekinian, globalisasi adalah sebuah era atau zaman yang di satu sisi mendengungkan pembangunan (developmentalism), namun di sisi lain globalisasi telah menjadi racun yang bertujuan pembaratan budaya (westernization), digitalisasi, skulerisasi, konsumerisme dan sebagainya. Akibat yang paling nampak adalah lunturnya nilai-nilai lokal kemasyarakatan, tak terkecuali nilai-nilai keislaman yang dapat dilihat pada Negara yang mayoritas penduduknya beragama islam seperti di Indonesia.

Indonesia digolongkan sebagai negara dunia ketiga merupakan lahan empuk globalisasi guna menyebarkan paham-pahamnya yang anti-religiusitas. Masyarakat mulai dicekoki dengan berbagai informasi kemewahan modernitas dengan segala tetek-bengeknya. Ini terlihat dari berbagai pola hidup masyarakat era kini (terutama di Indonesia) yang cenderung mengagungkan modernitas, sementara nilai lokalitas sebagai representasi nilai keislaman kini mulai ditinggalkan. Contoh kecilnya semisal menurunnya ketakdziman murid kepada guru, dan pada lingkup yang lebih besar dan populer adalah menjamurnya budaya korupsi yang ditontonkan oleh para pejabat-pejabat negara.

Budaya ketidakjujuran semisal korupsi (sebagai contoh dari rapuhnya moral bangsa) sebenarnya merupakan illat yang pada akhirnya akan berakibat pada berbagai bidang. Kesenjangan antara si kaya dan si miskin, runtuhnya kepercayaan masyarakat terhadap pejabat publik, dan timbulnya sikap negativisme dalam berpolitik dengan banyaknya praktik money politic misalnya, adalah segelintir akibat dari budaya ketidakjujuran yang kini mengakar. Bahkan, ketidakjujuran telah diproduksi sejak anak didik berada di bangku sekolah, misalnya ketika pelaksanaan UN dengan adanya tim suksesa. Bahkan ada spekulasi yang mengatakan bahwa budaya korupsi yang mengakar di Indonesia adalah berawal dari proses pendidikan yang ada di sekolah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN