Moment Unik Ketika Indonesia Juara MTQ Internasional 2019

 
Moment Unik Ketika Indonesia Juara MTQ Internasional 2019

LADUNI.ID, Jakarta - Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir bekerja sama dengan The World Association for Al-Azhar Graduates (WAAG), KBRI Cairo dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) menggelar agenda besar MTQ Intenasional sampai hingga babak final dan menyisakan 12 peserta dari total 55 peserta yang berasal dari 20 Negara. Babak final yang diselenggarakan pada Sabtu (27/4) di Auditorium Shaikh Zayed Center Nasr City Kairo.

Moment unik terjadi babak final MTQ Internasional 2019 ini. Pada kesempatan tersebut, terdapat seorang finalis yang masih berumur 10 tahun asal Kirgistan ditambah kehadiran tiga putra dan putri terbaik bangsa yang menjadi finalis pada acara tersebut.

Sementara itu, Indonesia diwakili oleh Muhkhlis Latasi dari Sulawesi, Nur Layli dari Nusa Tenggara Barat, dan Adriyan dari Jakarta. Beberapa negara yang behasil menjadi finalis di antaranya adalah Malaysia, Turki, Tajikistan, Kirgistan, Nigeria, Irak, dan Afganishtan.

Usai dilakukan penelitian, baik cabang Musabaqah Tilawah Al-Qur'an (MTQ) maupun Musabaqah Hifdz Al-Qur'an (MHQ), Indonesia berhasil memborong tiga piala sekaligus hingga mengantarkannya sebagai juara umum MTQ Internasional 2019. Mukhlis berhasil menjadi juara satu MTQ putra, Adriyan juara satu MHQ putra, dan Nur Laili juara MHQ Putri.

Menurut Saeful Jihad, Lc yang merupakan Presiden PPMI Mesir mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah sama-sama menyukseskan gelaran agenda akbar ini, terutama kepada Grand Syaikh Al-Azhar Asy-Syarief, WAAG Azhar, dan KBRI Kairo. Beliau juga tak lupa mengucapkan selamat kepada para pemenang yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

Para finalis berhak mendapat haknya berupa tiket umrah yang disediakan oleh salah satu pengusaha asal Mesir. Sayyid Muhammad Ragab selaku pemilik perusahaan ritel Ragab Sons memberikan 12 tiket umrah untuk 12 finalis MTQ Internasional 2019. "Saya sangat senang sekali dengan diadakannya acara MTQ Internasional ini. Dengan acara ini kecintaan kepada Al-Qur'an akan bertumbuh dan saya senang bisa membantu para pelajar asing yang sedang belajar di Mesir" jelasnya.

Sementara itu, Imam di Masjid Al-Azhar, Syaikh Fauzi Barbari yang juga dewan juri MTQ Internasional 2019 mendoakan keberkahan untuk seluruh peserta dan hadirin yang hadir. Torehan prestasi yang diraih indonesia bukan tanpa usaha. Proses panjang dan tidak mudah berhasil dilalui oleh para peserta.