Tunanetra Tidak Menjadi Halangan untuk Menghafal Al Qur'an

 
Tunanetra Tidak Menjadi Halangan untuk Menghafal Al Qur'an

LADUNI.ID,  Hembusan angin sore ini menambah sejuk suasana di gazebo Ponpes Bidayatul Hidayah. Tempat nongkrong dari papan ini letaknya persis di sebelah selatan kebun tebu milik warga Dusun/Desa Mojogeneng, Jatirejo, Mojokerto. Nampak sejumlah santri berdiskusi di sebelah gazebo sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba.

Lantunan ayat-ayat suci Al Quran terdengar dari arah gazebo. Rangkaian Firman Allah SWT itu mengalun dari bibir pemuda berbaju taqwa putih yang duduk bersila di dalam gazebo tersebut. Jika hanya mendengarkan suaranya, siapa pun tak akan menyangka pemuda ini penyandang tunanetra

 Isyroqi Nur Muhammad (18) atau yang akrab disapa Gus Roqi penghafal 30 juz kitab suci Al Quran, dengan kemampuannya itu Gus Roqi mampu menjuarai lomba hafalan Al Quran hingga tingkat Jatim.

Kondisi Gus Roqi ini sama dengan almarhum ayahnya, almarhum KH. Syaifudin Yahdi. Karena keterbatasan fisiknya itu, dia tak pernah mengenyam pendidikan formal. Lagi pula sang ibu, Mustafridah (44) sejak semula menghendaki putranya menjadi penghafal Al Quran (hafiz).

"Saya menghafal Al Quran mulai usai 8 tahun sampai usia 14 tahun. Jadi, butuh waktu selama 6 tahun untuk hafal 30 juz," kata Gus Roqi kepada wartawan di lokasi. 

Tidak seperti kebanyakan tunanetra yang menggunakan Alquran braille, Gus Roqi menghafal ayat-ayat suci mengandalkan pendengarannya. Sang ibu yang juga hafal Al Quran dengan telaten dan sabar melantunkan setiap ayat kitab suci umat Islam tersebut.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN