Doa setelah Shalat Tarawih (Doa Kamilin)

 
Doa setelah Shalat Tarawih (Doa Kamilin)
Sumber Gambar: istiqlal.or.id, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa di mana seluruh amalan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Bulan ini merupakan momentum spesial bagi umat Islam yang sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa memperbanyak ibadah.

Bulan Ramadhan adalah bulannya umat Muslim di seluruh dunia, bulan ibadah. Di siang hari umat Muslim melaksanakan ibadah puasa, lalu di malam harinya ada kesempatan untuk menghidupkan Ramadhan dengan menunaikan shalat Tarawih.

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa mendirikan (ibadah shalat Tarawih) Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Terkait Hadis tersebut, Syaikh Khatib As-Syarbini dalam Kitab Mughnil Muhtaj menjelaskan bahwa ulama sepakat soal makna “Qama Ramadhana” adalah salah satunya terkait dengan ibadah shalat Tarawih. Karena itu, shalat Tarawih merupakan ibadah istimewa yang hanya ada dan boleh dilakukan di bulan Ramadhan. Sangat disayangkan jika ibadah istimewa ini dilewatkan. 

Mayoritas ulama menganjurkan jumlah rakaat shalat Tarawih sebanyak 20 rakaat, tetapi ada juga yang mengatakan hanya sebanyak 8 rakaat. Tetapi semuanya sepakat bahwa shalat Tarawih tersebut merupakan ibadah yang sangat dianjurkan.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN