Doa Puasa Ramadhan Hari Kesepuluh dan Hikmahnya

 
Doa Puasa Ramadhan Hari Kesepuluh dan Hikmahnya
Sumber Gambar: Foto ist

Laduni.ID, Jakarta – Memasuki puasa yang kesepuluh berarti menandakan bahwa pelaksanaan ibadah puasa bulan suci Ramadhan sudah memasuki sepertiganya. Untuk memanfaatkan bulan yang penuh berkah ini, membaca doa adalah salah satu perkara yang dianjurkan.

Dan untuk doa hari yang kesepuluh puasa Ramadhan ini, kita meminta kepada Allah SWT untuk menjadikan kita termasuk orang-orang yang tawakal dan dekat dengan Allah SWT karena Rahmat-Nya yang begitu luas kepada kita semua.

Berikut ini bacaan lafadz doa hari kesepuluh Ramadhan 1443 Hijriah beserta teks bahasa Indonesia, artinya dan hikmahnya:

Doa Puasa Hari Kesepuluh Ramadhan

اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ فِيْهِ مِنَ الْمُتَوَكِّلِيْنَ عَلَيْكَ وَ اجْعَلْنِيْ فِيْهِ مِنَ الْفَائِزِيْنَ لَدَيْكَ وَ اجْعَلْنِيْ فِيْهِ مِنَ الْمُقَرَّبِيْنَ إِلَيْكَ بِإِحْسَانِكَ يَا غَايَةَ الطَّالِبِيْنَ

Allahummaj 'alni fîhi minal mutawakkilin 'alaika waj'alni fîhi minal faizin ladaika waj'alni fihi minal muqarrabin ilaika biiihsanika ya ghayatat thalibin

Artinya : "Ya Allah! Mohon jadikanlah aku diantara orang-orang yang bertawakkal kepada-Mu, dan jadikanlah aku diantara orang- orang yang menang disisi-MU, dan jadikanlah aku diantara orang-orang yang dekat kepada-MU, dengan kebaikan-MU, Wahai Tujuan orang-orang yang memohon”

Hikmah Puasa Kesepuluh

Allah SWT memenuhi tujuh puluh ribu hajat, dan memohonkan ampunan untuk kalian matahari,

bulan, bintang-bintang, binatang yang melata, burung, binatang buas, setiap bebatuan dan bongkahan tanah liat, setiap yang kering dan yang basah, setiap binatang di laut dan dedaunan di pepohonan.


(Kitab Mafaatih Al-Jinaan, bab 2 dan pasal 3, karya Asy-Syaikh Al-Muhaddits Abbas bin Muhammad Ridha Al-Qummi atau Abbas Al-Qummi rahimahullah)